Dulu Project Manager, Andalan Kini jadi Gubernur Sulsel

64
Andi Sudirman Sulaiman saat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo, Kamis 19 Maret 2022.(IST)

INDONESIANupdate.id | ANDI Sudirman Sulaiman kini menjabat Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis sore, 10 Maret 2022.

Sebelumnya Andi Sudirman menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel sejak 28 Februari 2021. Ia menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi. Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu  kini tengah menjalani masa hukuman setelah divonis 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar beberapa waktu lalu.

Nurdin diberhentikan secara resmi dari jabatan Gubernur Sulsel melalui surat Keputusan Presiden yang diteken Jokowi pada 12 Januari 2022. Dia dicopot dari jabatannya setelah berstatus terpidana kasus korupsi dan kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Nurdin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Makassar, 27 Februari 2021. Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu lantas ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi proyek infrastruktur oleh KPK pada 28 Februari 2021

Andi Sudirman maju bertarung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sulsel 2018. Dia mendampingi Nurdin Abdullah. Pasangan Prof Andalan ini memenangkan Pilgub Sulsel setelah merah 1.867.303 suara. Mengalahkan tiga pasangan calon lain.

Andi Sudirman bukanlah seorang politisi. Ia tidak tergabung dalam partai apa pun.  Setahun sebelum ia dicalonkan jadi Wakil Gubernur mendampingi Nurdian Abdullah di Pilgub 2018   Andi Sudirman banyak menghabiskan waktunya di perusahaan asing sejak 2013 sampai 2017. Salah satu perusahaan yang pernah menggunakan jasanya  yakni PT Offshore Services Indonesia/ MES (British). Posisnya sebagai Project Manager.

Pulang ke kampung halamannya, karier Andalan meroket.    Kini ia menjadi orang nomor 1 di Sulsel sebagai gubernur.

Andi punya rekam jejak panjang berkarier di perusahaan tambang. Ia memulai karier di PT Thiess Contractor Indonesia pada 2007. Kemudian, ia bekerja untuk perusahaan tambang PT Petrosea Tbk. pada 2008-2009.

Andi Sudirman Sulaiman saat masih bekerja di sebuah perusahaan migas beberapa waktu lalu.(DOK PRIBADI)

Masa Kecil di Bone
Andi Sudirman menghabiskan masa kecilnya di Bone, daerah kelahirannya. Ia merupakan anak ke-11 dari 12 bersaudara. Ayahnya anggota TNI sekaligus seorang petani. Sedang ibunya ibu rumah tangga (IRT).

Semasa remaja Andi Sudirman aktif di berbagai organisasi. Salah satunya  Organisasi intra sekolah (OSIS), Pramuka. Ia salah satu inisiator berdirinya ROHIS di sekolahnya.

Mengenyam pendidikan mulai di SD Inpres 10/73 Mappesangka, Bone (1989-1995), SLTP Negeri 1 (Ujung Lamuru) Lappariaja, Bone (1995-1998), dan SMU Negeri 1 Watampone (1998-2001)

Selepas SMA, Andi Sudirman melanjukan pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) dan menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun. Selama kuliah. dia juga aktif dalam organisasi luar kampus. Juga sebagai salah satu inisiator berdirinya Forum Pelajar Mahasiswa dan dipercayakan sebagai ketua umum pertama dalam organisasi tersebut.

Saat kuliah, ia terpilih dalam program “Thiess Undergraduate Scholarship Program” mewakili Fakultas Teknik Unhas. Program beasiswa ikatan dinas ini sebagai awal menapaki jenjang karier di dunia professional. Perusahaan multinasional pertama bersama PT. Thiess Contractors Indonesia.

Di karier profesionalnya Andi Sudirman banyak menghabiskan waktunya di Singapura. Ia berkiprah di perusahaan multinasional atau perusahaan asing dengan berbagai jabatan.  Gubernur Andalan, akronim nama gubernur baru Sulsel ini pernah bekerja di PT Marine Engineering Services (PMA Inggris/Singapura) pada 2009-2014 dan Lead Project Services (2009).

Lalu, berkarier di PT Offshore Services Indonesia (PMA Inggris/Singapura). Posisinya Project Manager (2017). Sebelumnya menjabat sebagai Deputy Project Manager (2013-2017).
Tidak hanya itu. Andi Sudirman juga pernah berkiprah di PT Petrosea Tbk. (PMA Australia) dengan posisi Senior Project Controls Engineer (2008-2009). Selanjutnya di PT Thiess Contractor dengan posisi Project Controls Engineer mulai 2005-2008.

PROFIL DIRI
Andi Sudirman Sulaiman
Tempat/Tgl Lahir : Bone, 25-09-1983
Agama : Islam
Partai Politik : Independen
Istri : Naoemi Octarina,S.T.
Ibu : Andi Nurhadi Petta Bau
Bapak : Andi B Sulaiman Dahlan Petta Linta
(syah)

Presiden Joko Widodo memberi ucapan selamat kepada Andi Amran Sulaiman usai dilantik menjadi Gubernur Sulsel.(IST)