Pecahkan Rekor, Atlet Sulsel Kembali Mengibarkan Merah Putih di SEA Games

80
Rahmat Erwin Abdullah lifter Indonesia asal Sulsel meraih emas sekaligus memecahkan rekor SEA Games.(IST)

Yasir Mahmud, Ketua KONI Sulsel : Terima Kasih Rahmat 

INDONESIANUpdate.id | ATLET angkat besi asal Sulawesi Selatan (Sulsel) Rahmat Erwin Abdullah kembali menorehkan tinta emas di kancah olahraga internasional. Bendera merah putih berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di National Sports Complex, Hanoi, Vietnam, Sabtu, 21 Mei 2022.

Rahmat Erwin Abdullah tidak hanya sekadar menyumbang emas, tetapi juga memperbaiki rekor snatch miliknya dari 144kg menjadi 155kg. Dia mengalahkan rivalnya, Anucha Doungsri dari Thailand dan Muhammad Erry Hidayat asal Malaysia. Keduanya meraih perak dan perunggu pada SEA Games 2021 Vietnam.

Turun di kelas 73 kilogram (kg) putra pada Sabtu, 21 Mei 2022 di National Sports Complex, Hanoi, Rahmat Erwin Abdullah membukukan total angkatan 345 kilogram.

Atlet asal Makassar tersebut mencatatkan angkatan snatch seberat 155 kg dan  angkatan clean and jerk seberat 190 kg. Catatan tersebut jauh melampaui lawan-lawannya, termasuk Anucha Doungsri dari Thailand dan Muhammad Erry Hidayat asal Malaysia.

Anucha Doungsri berhak atas perak dengan total angkatan 321kg. Sedangkan medali perunggu oleh Muhammad Erry Hidayat dengan total angkatan 316kg.

Tak sekadar mengamankan medali emas, Rahmat Erwin Abdullah juga memecahkan rekor snatch serta clean and jerk dan total angkatan SEA Games. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2022 tersebut berhasil memperbarui rekor snatch miliknya dari 144kg menjadi 155kg.

Adapun untuk angkatan clean and jerk, yang masih atas namanya sendiri, Erwin sukses memperbaikinya dari 177kg ke 191kg. Dengan total angkatan 345 kg, lifter kelahiran Makassar itu kembali mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor untuk kelas 73kg putra.

Rahmat bersama sang ayah Erwin Abdullah yang juga pelatih sang lifter saat meraih mewdali emas di SEA Games 30 manila, Philipina.(IST)