Kota Kherson Dikuasai Tentara Rusia

55

INDONESIANupdate.id | Wali Kota Kherson Ihor Kolykhaiev mengatakan kotanya telah dikuasai tentara Rusia. Dia mengatakan bahwa militer Ukraina tidak lagi berada di kotanya.

Ihor Kolykhaiev meminta penduduk setempat untuk melaksanakan instruksi dari ‘orang-orang bersenjata yang datang ke pemerintahan kota’.

Dikutip dari CNN, Kamis 3 Maret 2022), Ihor Kolykhaiev mengungkapkan hal ini melalui akun Facebook-nya, menyusul tekanan dari Rusia yang mengepung Kherson dalam beberapa hari terakhir.

Kherson merupakan salah satu kota penting di Ukraina yang memegang peran strategis. Kota ini berada di jalur masuk dari Laut Hitam dengan populasi hampir 300 ribu jiwa.

Pengumuman Kolykhaiev ini berbeda dari pernyataan sebelumnya. Pada Rabu 2 Maret 2022 kemarin, wali kota Kherson tersebut membantah klaim dari Rusia dan mengatakan bahwa pasukan Ukraina masih bertempur di beberapa bagian kota. Hingga baru-baru ini, Kolykhaiev mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah meninggalkan Kherson.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Kolykhaiev juga mengatakan bahwa sekitar 10 perwira Rusia bersenjata, termasuk komandan pasukan yang memimpin serangan, memasuki gedung balai kota pada Rabu, 2 Maret 2022.

Kota Kherson luluh lantah akibat agresi militer tentara Rusia.(IST)