Gubernur Sulteng Pingsan saat Ritual Kendi di IKN Nusantara 

84
Presiden Joko Widodo saat mengikuti prosesi Ritual Kendi di IKN Nusantara yang diikuti Gubernur se-Indonesia, Senin (14/3/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

INDONESIAupdate.idGUBERNUR Sulawesi Tengah (Sulteng), Rudy Mastura, pingsan saat ritual Kendi di IKN Nusantara. Ritual ini merupakan penyatuan tanah dan air di titik nol, Senin 14 Maret 2022. 

Ritual ini dilaksanakan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.  Ini merupakan proses atau ritual atas permintaan Suku Dayak. Permintaan itu disetujui Presiden Joko Widodo dan seluruh Gubernur di Indonesia. 

Saat proses tersebut, Rudy Mastura tiba-tiba jatuh pingsan. Penyebabnya, kemungkinan cuaca yang cukup panas dari pagi hingga siang hari. 

“Ya sempat pingsan tadi. Enggak dibawa ke rumah sakit. Ditangani di sini saja, lengkap alat kesehatan,” ujar Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Ivan Syafranudin, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Ivan menjelaskan, Gubernur Rudy kelelahan usai naik turun tanjakan ke titik nol, tempat ritual kendi dilakukan. Terlebih lagi, terik matahari yang cukup panas membuat Rudy tak mampu lagi menahannya.

“Pingsan karena mungkin kelelahan. Kan naik tanjakan. Jadi maklum saja,” terang juru bicara Pemprov Kaltim ini.

Kelelahan itu bukan hanya dialami Rudy. Hampir seluruh peserta lainnya, yakni para gubernur se-Indonesia juga tampak kelelahan. Hanya saja, gubernur lainnya tak ada yang jatuh pingsan. (ian)