10 Tahun Hidup di Pondok Bambu, Angelina Sondakh Akhirnya Bebas

69
keluar dari LP Perempuan Pondok Bambu, Jakarta, Angelina Sondakh langsung ke kburuan Adjie Masaid. (IST)

INDONESIANupdate.id | ANGELINA Sondakh pagi hari ini sekitar pukul 06.30 WIB, Kamis, 3 Maret 2022 keluar dari lapas perempuan Pondok Bambu, Jakarta.  Terpidana kasus korupsi itu belum bebas. Tapi ia menjalani program cuti menjelang bebas (CMB).

Selama tiga bulan kedepan mantan anggota DPR RI bernama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh itu masih akan menjalankan program CMB sebagai klien Balai Pemasyarakatan Jakarta Selatan.

Kepala bagian Humas dan Protokol Dirjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan proses ‘pembebasan’ Angelina Sondakh dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas tindakan yang mengakibatkan ia harus berada di Lapas selama hampir sepuluh tahun,” katanya dalam keterangan tertulis.

Anglelina Sondakh juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta seluruh jajaran petugas Lapas Perempuan Jakarta yang telah membinanya selama ini.  “Angelina mengatakan tindakannya yang dulu tidak patut dicontoh,” ucap dia.

Sebelum pulang, Angelina menyempatkan diri berpamitan dengan warga binaan lainnya. Tak lupa ia menitipkan pesan agar mereka kuat dan sabar. Pembebasan Angelina dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham DKI Jakarta Marcelina.

Angelina Sondakh keluar dari LP Perempuan Pondok Bambu, Jakarta, untuk menjalani Cuti Menjelang Bebas (CMB), Kamis, 3 Maret 2022. (FOTO : DIRJENPAS KEMENKUMHAM)