Wajib Menang Lawan Timur Leste

73

INDONESIANUpdate.id | LAGA penting akan dilakoni Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Timor Leste di penyisihan Grup A SEA Games Vietnam 2021. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Viet Tri, Selasa, 10 Mei 2022, mulai 19.00 WIB.

Timnas U-23 membutuhkan kemenangan, setelah kalah di pertandingan perdana 0-3 dari Vietnam. Hanya kemenangan yang bisa menjaga asa Indonesia untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Pasukan Garuda Muda saat ini menempati peringkat keempat klasemen di Grup A SEA Games 2021. Filipina memimpin klasemen dengan 4 poin, sama dengan Vietnam di posisi kedua. Myanmar mengemas 3 poin di posisi ketiga.

Vietnam dan Filipina sudah dua kali menjalani pertandingan. Sedangkan Indonesia dan Myanmar baru satu kali.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong, mengatakan timnya sudah siap tempur.

“Kami sudah siap melawan Timor Leste. Tim dalam kondisi baik, meski ada sejumlah pemain yang mengalami cedera ringan. Tapi secara mental kita kuat. Kita fokus untuk meraih kemenangan,” kata pelatih asal Kore Selatan ini dikutip dari laman PSSI.

Shin mengaku, sudah mengantongi kekuatan dari Timor Leste. Dia ia akan melakukan rotasi saat menghadapi Timor Leste.

“Saya juga sudah menonton dua laga Timor Leste di SEA Games 2021. Kekuatan mereka kami sudah tahu. Apalagi  pernah bertemu dua kali saat FIFA matchday akhir Januari lalu. Selain itu, ada sejumlah pemain yang kami rotasi pada laga nanti dan saya mainkan sejak menit pertama,” ujarnya.

Jelang menghadapi Timor Leste, Timnas U-23 mendapatkan amunisi tambahan. Asnawi Mangkualam sudah bergabung dengan timnas pada, Sabtu, 7 Mei 2022. Dan sehari berikutnya ia sudah mengikuti latihan.

Bek sayap kanan Ansan Greeners ini bertekad memberikan yang terbaik di laga sisa Grup A Timnas U-23. Asnawi mengatakan, cedera yang ia alami tidak dalam kondisi serius.

“Saya berharap semua pemain mempersiapkan diri untuk laga selanjutnya. Karena tiga pertandingan sisa sangat penting di penyisihan grup, karena kami wajib memenangkan untuk bisa melaju ke babak berikutnya,” kata Asnawi.

“Kondisi Alhamdulillah baik. Mungkin ada sedikit rasa ganjal bagian pergelangan kaki dan masih proses pemulihan. Semoga secepatnya bisa pulih dan bisa main. Tapi harapannya sudah main di laga berikutnya,” ujar dia.

Timor Leste sudah menjalani dua kali pertandingan di Grup A. Mereka kalah 0-4 dari Filipina dan 2-3 dari Myanmar.

Indonesia sudah dua kali berjumpa Timor Leste di SEA Games. Hasilnya, Indonesia menang sekali dan imbang sekali.

Pada SEA Games 2013, Indonesia vs Timor Leste berakhir dengan kedudukan imbang 0-0. Kemudian di SEA Games 2017, Indonesia berhasil menang tipis 1-0 atas Timor Leste.(risal)

Perkiraan susunan pemain:

Timnas U-23 Indonesia: Muhammad Adi Satryo (PG), Firza Andika, Fachruddin Aryanto (kapten), Rizky Ridho Ramadhani, Ilham Rio Fahmi, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Ronaldo Kwateh, Egy Maulana, Witan Sulaeman.

Timnas U-23 Timor Leste: Junildo Manuel De Castro Pereira (PG); Orcelio Da Silva, Filomeno Junior Da Costa, Gumario Augusto Fernandes Da Silva Moreira, Nelson Sarmento Viegas, Jamito Antonio Da Costa Soares, Cristevao Moniz Fernandes, Jhon Frith Ornao Liu De Olivera, Armindo Correia De Almedia, Elias Joao Da Costa Ximenes Mesquita, Mouzinho Barreto De Lima.