Tuan Rumah dalam Tekanan, Pelatih Vietnam Puji Kekuatan Garuda Muda

52
Pesepak bola Timnas U-23 melakukan latihan di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Sesi latihan tersebut untuk persiapan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
SEA Games 2021 Vietnam

INDONESIANUpdate.id | TIMNAS Indonesia U-23 akan memulai debutnya menghadapi Vietnam dalam laga perdana Grup A SEA Games 2021 (SEA Games 2022) di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat malam, 6 Mei 2022 malam nanti.

Tim berjuluk Garuda Muda itu ditarget meraih medali emas oleh PSSI pada gelaran pesta olahraga multi event empat tahunan ini. Namun sayang, Egy Maulana Vikri dkk langsung dihadang tim kuat di laga perdananya.

Vietnam adalah juara bertahan SEA Games. Kesebelasan dengan sebutan Golden Star Warriors itu meraih medali emas pada edisi 2019. Kali ini, Negeri Naga Biru tersebut juga berstatus tuan rumah.

Setelah kontra Vietnam, Timnas Indonesia U-23 masih akan menghadapi Timor Leste, Filipina, dan Myanmar. Kualitas tiga negara itu jelas masih beradai di bawah Garuda Muda.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui keunggulan Vietnam. Pada pertemuan terakhir di final SEA Games 2019, Garuda Muda juga kalah.

“Setelah saya menjadi pelatih Timnas Indonesia, memang sudah dua kali berhadapan dengan Vietnam,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum bertanding, Kamis 5 Mei 2022, kemarin.

Pelatih berpaspor Korea Selatan itu mengakui dari segi kekuatan dan kemampuan, Vietnam lebih baik daripada tim asuhannya. ‘’Saya mengakui kualitas mereka di atas kami,” jelas  Shin Tae-yong.

Sebagai tuan rumah dan diunggulkan meraih medali emas, Vietnam akan didukung puluhan ribu suporternya.  Timnas Indonesia U-23 tentu bakal berada dalam tekanan.

“Namun, ini adalah pertandingan. Jadi, jika kami bekerja keras dan bermain maksimal.  Kami berharap bisa mendapatkan keberuntungan,” tutur Shin Tae-yong.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo.(IST)