Tradisi Mudik Bukan Hanya di Indonesia, di Negara Ini Juga

96
Tradisi mudik bukan hanya dilakukan masyarakat Indonesia.(IST)

INDONESIANUpdate.id | MUDIK adalah sebuah tradisi masyarakat kota besar. Kebanyakan dilakukan oleh perantau untuk kembali ke kampung halaman. Saat lebaran mereka manfaatkan sebagai momentum untuk bersilaturahmi.

Tradisi mudik ternyata tidak hanya dilakukan masyarakat indonesia. Ada beberapa negara yang juga melakukannya.

Berikut negara-negara yang melakukan tradisi mudik di waktu-waktu tertetu.

1. Turki

Bayram adalah sebutan Hari Raya Idul Fitri di Turki. Saat perayaan ini berlangsung, sekolah, kantor, dan instansi pemerintah ditutup selama tiga hari. Momen ini dimanfaatkan warga untuk mudik. Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, masyarakat Turki akan bersilaturahmi dengan sanak saudara dan berziarah ke makam. Seperti halnya di Indonesia, anak-anak juga akan berkeliling di lingkungan sekitar.

2. China

Bukan saat Idul Fitri, tapi masyarakat China melakukan mudik dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Hari libur Imlek dan Festival Musim semi adalah momen berharga mereka. Karena pada waktu itulah, masyarakat yang mempunyai populasi komunis terbesar itu bisa pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Masyarakat di Cina juga melakukan tradisi mudik jelang perayaan Imlek.(IST)

3. Arab Saudi

Tradisi mudik juga jadi kebiasaan warga Arab Saudi saat memasuki Lebaran. Bahkan di Arab, perayaan Idul Fitri selalu jadi momentum paling meriah. Para penduduknya akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga mereka.

Mudik juga mereka lakukan saat perayaan Idul Adha. Selain itu, tiap daerah akan menggelar teater, pertunjukan, dan berbagai hiburan tradisional lain.

4. Malaysia

Sama seperti Indonesia, mayoritas penduduk di Malaysia juga merupakan muslim. Masyarakatnya pun melakukan tradisi pulang kampung saat momen Hari Raya Idul Fitri. Bedanya, di Malaysia namanya bukan mudik, tapi “balik kampung”.

5. India

Meskipun muslim di India termasuk minoritas, namun perayaan mudik tetap dilakukan di sana. Para muslim India pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Tradisi itu juga dilakukan oleh non-Muslim. Mereka mudik untuk merayakan Diwali atau Festival of Lights setiap Oktober atau November.(*/risal)

Tradisi mudik di India. (IST)