TK Islam Athirah 1 Turut Hadir Pada Kegiatan Resmi Direktorat PAUD di Surabaya

36

INDONESIANUPDATE.ID||Kepala TK Islam Athirah 1, Siti Khotijah,S.Pd. hadiri kegiatan Sosialisasi Transformasi Menuju PAUD Berkualitas yang diselenggarakan oleh Direktorat PAUD. Kegiatan tersebut berlangsung di Platinum Hotel Surabaya, Senin-Rabu (28-30/11/22).

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 20 peserta dari unsur Kepala Satuan dan Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) di Region 3. Kegiatan itu dilaksanakan dengan dua moda yaitu secara daring dan luring.

Adapun peserta sosialisasi daring diikuti oleh seluruh kepala satuan PSP angkatan 1&2, Fasilitator PSP, Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan, Balai Besar Guru Penggerak dan dari Dinas Pendidikan.

Sisilia sebagai pemateri menjelaskan beberapa indikator tentang bagaimana cara memastikan perencanaan proses pembelajaran secara efektif.

“Untuk memastikan bahwa perencanaan proses belajar itu efektif ada tiga indikatornya. Yang pertama ada kelengkapan dokumen RPP sebagai panduan pelaksanaan pembelajaran. Kedua Kesesuaian, pastikan dokumen memiliki kesesuaian isi mulai tujuan, proses dan asesmen. Ketiga pengelolaan kelas, keberhasilan pengelolaan kelas secara fisik dan psikologis adalah bagian penting dari proses pembelajaran,” ujarnya.

Salah satu fasilitator dari Makassar Nurhidayah mengatakan bahwa perlu adanya kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan agar transformasi menuju PAUD berkualitas dapat tercapai.

“Rasanya kita perlu mencari cara jitu bagaimana menuju PAUD berkualitas. Para pemangku kepentingam bisa saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkannya,” tuturnya.

Kepala TK Islam Athirah 1, Siti Khotijah,S.Pd. diberikan kesempatan untuk sharing tentang pengalaman memberikan layanan yang inklusif kepada peserta didik.

Kegiatan sosialisasi itu diawali dengan pretest, paparan materi dan diakhiri dengan post-test lalu ditutup oleh Pejabat di Direktorat PAUD, Lestari.