Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi Grade A

81
Pembalap MotoGP dari Tim Yamaha, Franco Morbidelli saat melintasi sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (ig Franco Morbidelli)

INDONESIANupdate.id – Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) memastikan Sirkuit Mandalika lolos homologasi grate A. Dengan begiti, sirkuit yang terletak di Lombok, NTB ini layak untuk menggelar balapan MotoGP akhir pekan ini.

“Berdasarkan hasil track inspection oleh FIM, Dorna Sports dan IRTA pada hari Kamis (17/3), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A,” demikian keterangan resmi Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, dilansir Sabtu (19/3/2022).

Selain itu, FIM juga menyebut sirkuit Mandalika lebih aman bagi para pebalap. Dibandingkan ketika mereka menjalani sesi tes pramusim pada Februari 2022 lalu.

Di mana kala itu, sirkuit sepanjang 4,3km ini dikeluhkan pembalap karena kondisi lintasan yang kotor, berdebu dan aspal yang terkelupas. Belum lagi serpihan aspal atau batu-batu kecil yang terlontar ke arah mereka layaknya peluru ketika melaju di belakang pebalap lain.

Sebagai sirkuit baru, kondisi lintasan juga kurang bersahabat bagi pebalap. Karena masih sempitnya racing line saat itu dan belum banyak karet ban yang menempel di aspal.

Sehingga para pebalap tak mampu mendorong motor mereka mencapai limitnya. Namun, kekurangan tersebut telah dipenuhi dan dinyatakan lolos homologasi Grade A.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM,” pungkasnya.