Simak Baik-baik, Ini 4 Tanda Gejala Kolesterol Tinggi

73
ILUSTRASI. Serangan jantung salah satu akibat kolestrol tinggi.

INDONESIANUpdate.id | KOLESTROL tinggi menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Namun, masih banyak orang yang menganggap sepele dan akhirnya berakibat fatal.

Jika kadar kolesterol sudah enggak terkontrol, maka kolesterol tinggi bisa menjadi penyebab komplikasi kesehatan. Di antaranya penyakit jantung dan stroke.

Dokter Alni Magdalena menjelaskan, bahwa sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi secara normal.

“Sekalipun dibutuhkan tubuh, sering enggak disadari untuk melakukan kontrol. Sehingga yang seharusnya dibutuhkan justru bisa menyebabkan berbagai macam penyakit,” jelas Alni mengutip dari GenPI.co.

Alni mengingatkan pentingnya melakukan kontrol kolesterol dalam tubuh secara rutin agar tidak berisiko terkena penyakit serius.

Berikut ini empat tanda-tanda kolesterol tinggi. Simak baik-baik, ya!

Mudah Lelah

Salah satu kondisi yang paling terasa untuk penderita kolesterol tinggi, yakni mudah lelah. Hal ini terjadi karena plak di pembuluh darah meningkat. Penyebabnya, tingginya kadar kolesterol. Ini menyebabkan kurang aliran darah ke jaringan tubuh.

Suka Mengantuk

Terlalu sering mengantuk salah satu ciri dari kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan kurangnya oksigen mengalir ke otak.

Nyeri Kaki

Nyeri pada kaki salah satu gejala kolesterol tinggi. Hal ini serupa dengan asal usul rasa lelah. Adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di kaki. Ini menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian kaki.

Nyeri Dada

Terakhir, penumpukan plak juga bisa berbahaya untuk pembuluh darah jantung. Hal ini menyebabkan nyeri di dada.(jordan)