Shin Tae-yong Target Tembus Final SEA Games Vietnam

74
Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong.(IST)

INDONESIANupdate.id | PELATIH tim nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong menargetkan mencapai final SEA Games 2021, Vietnam. Setelah itu berjuang demi merebut medali emas.

Tim Garuda Muda berada di Grup A. Grup ini dinilai cukup berat. Sebab dihuni oleh tuan rumah Vietnam. Juga Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Meski begitu Shin mengaku tidak gentar.

“Vietnam ada di sana. Mereka salah satu calon juara. Namun, kami akan berusaha maksimal untuk mencapai final,” kata pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong menegaskan akan memberikan yang terbaik bagi timnas U-23 proyeksi SEA Games 2021. Mereka bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan pertengahan April 2022.

Demi mengefektifkan persiapan, pelatih berusia 51 tahun itu meminta PSSI agar lebih cepat berada di Vietnam. Ini agar semua pemain bisa lekas beradaptasi.

“Saya akan bicarakan dengan federasi agar kita bisa lebih cepat sampai di Vietnam,” kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI.

Grup A bisa dikatakan berat. Sebab, selain berstatus tuan rumah, Vietnam merupakan salah satu kekuatan utama sepak bola di Asia Tenggara saat ini.

Pada pertemuan menghadapi Vietnam di final SEA Games Filipina 2019, Indonesia kalah 0-3 dan harus puas dengan medali perak.

Sementara itu, Myanmar dan Filipina memiliki tim sepak bola yang kualitasnya terus berkembang.Pada SEA Games 2019, Myanmar merebut medali perunggu. Lalu perak pada SEA Games 2015. Sementara SEA Games 2011 meraih perunggu.

Filipina memang belum pernah merebut medali di Pesta Olahraga Asia Tenggara tersebut. Tetapi, mereka berpotensi menjadi kuda hitam.

Asnawi Mangkualam Bahar.(IST)