Sejarah Hockey Masuk Indonesia

63
Atlet hoki Sulsel saat mengikuti PON XX Papua 2021.(FOTO: RISAL)

INDONESIANUPDATE.ID | Federasi Hockey Indonesia (FHI) yang mewadahi olahraga hockey atau hoki Kota Makassar resmi menjadi anggota KONI Makassar. Cabang Olahraga ini diketuai Dr Hasyim, seorang dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Menjadi anggota KONI Makassar ke 43 disepakati oleh seluruh anggota KONI Makassar pada Rapat Kerja (Raker) KONI di Hotel Horison, Rabu (5/10/2022).

Cabang olahraga (cabor) hockey merupakan salah satu cabor permainan. Sayangnya olahraga ini belum begitu diminati oleh sebagian masyarakat indonesia. Namun di Makassar sudah mulai berkembang.

‘’Saat ini kami sudah membina 10 klub. Ada ratusan atlet yang kami bisa. Sebagian besar dari kalangan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta,” jelas Hasyim.

Hoki masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda di jaman penjajahan. Olahraga hockey modern berasal dari Inggris. Lalu menyebar sampai ke Eropa, termasuk Belanda.

Saat mereka datang ke Indonesia, olahraga ini pun diperkenalkan di tanah air dan pertama kali dimainkan sekitar tahun 1920.

Saat itu, ada sebuah komunitas hoki di Bandung yang didirikan oleh warga Belanda. Beberapa warga Indonesia ikut bergabung dalam komunitas ini.

Ketua Federasi Hoki Indonesia (FHI) Pengkot Makassar Dr Hasyim mengibarkan pataka FHI usai disahkan menjadoi anggota KONI Makassar pada Raker KONI Makassar Rabu (5/10/2022)(FOTO : RISAL)