Sandiaga Sebut Pawang Hujan saat Balapan MotoGP Mandalika Bagian dari Atraksi

65
Seorang perempuan yang diketahui pawang hujan mencoba menghentikan hujan saat gelaran MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). (foto/ig: MotoGP)

INDONESIANupdate.id – Publik Indonesia bahkan internasional baru saja dipertonkan dengan aksi para pembalap di ajang MotoGP Sirkuit Mandalika. Menariknya, terjadi hal yang tak biasa jelang balapan hingga menjadi perbincangan dunia karena munculnya pawang hujan.

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, munculnya menteri pawang hujan adalah bagian dari aktraksi. Bahkan, kejadian itu juga menjadi bagian dari kearifan lokal dan budaya Tanah Air. 

“Ini bagian dari atraksi kearifan lokal, budaya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tapi tentunya Allah SWT yang tentunya berkehendak,” ujar Sandiaga Uno sapaannya berdasarkan resminya, Senin (21/3/2022). 

Event internasional yang digelar pada 18 hingga 20 Maret 2022 itu, memang terjadi hujan lebat. Utamanya, saat jelang balapan MotoGP di hari terakhir hingga balapan harus dibatalkan. 

Di saat itu, seorang perempuan bernama Rara Isti Wulandari yang diketahui pawang hujan turun ke dalam lintasan Mandalika. Ia membawa berupa dupa dan melakukan prosesi atau meminta hujan agar segera reda.

Namun diketahui, pihak pelaksana juga melakukan koordinasi dengan balapan. Setelah data-data yang ada, maka memutuskan untuk dihentikan selama 1 jam.

Hal itu dikarenakan selain trek yang basah, yang dikuatirkan dalam kondisi itu adalah jarak pandang pembalap akan terganggu. Sehingga, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jadi terus terang saat hujan kami harus memastikan bahwa gelaran ini sesuai dengan keselamatan bagi pengendara dan juga keselamatan seluruh kru,” imbuh Sandiaga. (Ben)