Ratusan Tank Rusia tak Berdaya di Ukraina

88

INDONESIANupdate.id | INVASI ke Ukraina menimbulkan kerugian yang tak sedikit bagi Rusia. Termasuk kerugian akibat kendaraan perang seperti tank yang hancur. Alat perang itu tak berdaya di Ukraina.

Mobil perang berlais baja milik Rusia seakan lemah dan mudah dihancurkan oleh Ukraina. Dikutip detikINET dari Interesting Engineering, banyak foto dan video bertebaran di media sosial, menampakkan tank Rusia yang rusak dirudal.

Menurut Business Insider, Ukraina berhasil menghancurkan sekitar 10% perangkat militer Rusia. Data itu tampaknya tidak akurat. Namun memang benar bahwa Rusia harus menghadapi senjata anti tank canggih seperti Javelin dari Amerika Serikat atau rudal Next Generation Light Antitank Weapon dari Inggris. Maka tak heran jika banyak tank Rusia berhasil disergap.
Data lain menurut website Oryx, Rusia mungkin kehilangan sekitar 279 dalam penyerbuannya ke Ukraina, di mana 116 tank dihancurkan, 4 rusak, dan 41 ditinggalkan. Sekitar 118 tank berhasil direbut oleh tentara Ukraina.
Kedengarannya jumlah yang amat banyak. Namun Rusia punya sekitar 12 ribu tank tempur. Sebagian besar desainnya masih jadul dari zaman Uni Soviet. Di antaranya T-72. Usianya sekitar 50 tahun.  Angka kehilangan itu juga belum dapat dipastikan tepat. Bisa jadi adalah propaganda.
Banyaknya tank Rusia yang rusak di Ukraina itu membuat beberapa pakar menilai tank mungkin sudah tak ampuh lagi menjadi kendaraan tempur. Namun demikian, kesimpulan itu dinilai terburu-buru.
Lantas kenapa tank Rusia seakan mudah dilumpuhkan? “Masalah utama tampaknya karena ketidakmampuan Rusia untuk memberi suplai dan menjaga tank itu. Kebanyakan kendaraan perangnya juga dirawat dengan buruk. Garis suplai juga terlalu luas,” sebut Interesting Engineering.
“Tak hanya itu, unit besar tank tampaknya terpapar tanpa  adanya dukungan infantri atau dukungan udara. Ini sebuah kelemahan besar,’’ tambah mereka.

Tank tua seperti T-72, secara teknis kalah dibandingkan tank modern. Namun bukan berarti tak mematikan jika dirawat dan digunakan dengan efektif.(dtk/risal)