24 C
Makassar
Thursday, April 25, 2024
HomeNEWSPresiden Jokowi Janji akan Bangun Stadion di Makassar

Presiden Jokowi Janji akan Bangun Stadion di Makassar

INDONESIANUPDATE.ID | Presiden Joko Widodo menjanjikan akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabar baik itu diungkapkan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, usai mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Sulsel.

“Selama ini ada aspirasi dari masyarakat Sulsel ingin memiliki stadion. Kami tadi sudah melaporkan ke Bapak Presiden. Sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu. Tadi Bapak Presiden menjanjikan langsung.  Tahun ini dibangun stadion oleh Kementrian PUPR,” ungkap Bahtiar kepada wartawan.

Bahtiar juga menyampaikan bahwa Presiden memberikan arahan untuk menyampaikan kabar baik ini kepada masyarakat Sulsel.

Menurut Bahtiar stadion itu akan dibangun di kawasan sport center Sudiang di atas lahan seluas 20 hektar dari 70 hektar lahan milik Pemprov Sulsel. ‘’Pemprov menyiapkan lahan yang clear. Di kawasan Sudiang ada 75 hektar. 20 hektar untuk kawasan stadion,” tambah Bahtiar.

Bagi Bahtiar ini membuktikan Presiden Jokowi mendengarkan aspirasi masyarakat Sulsel. Dalam waktu dekat, pihak Pemprov Sulsel akan diundang oleh Pemerintah Pusat.

Stadion Mattoangin Dirobohkan Rata dengan Tanah

Sebelumnya Stadion Mattoanging di Jalan Cendrawasih, Makassar dirobohkan oleh Pemprov Sulsel, Rabu pagi (21/10/2020).  Saat itu Nurdin Abdullah menjabat sebagai Gubernur Sulsel. Stadion peninggal PON IV 1957 itu kini rata dengan tanah.

Sebelum meruntuhkan stadion ini, Nurdin Abdullah sudah mempunyai rencana membangun stadion baru di atas lahan yang sama. Stadion ini bahkan disebut bertaraf internasional dengan luas 60 ribu meter peregi. Kapasitas kursi 40 ribu. Ini bahkan menjadi salah satu program prioritas. Ditargetkan selesai 2022.

Anggaran sebesar Rp 1,3 triliun dialokasikan melalui pinjaman dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Namun belum lagi pembangunan jalan, Nurdin keburu ditangkap KPK.

Memasuki tahun keempat, rencana pembangunan markas PSM itu masih menyisakan harapan yang tidak pasti. Namun di penghujung Februari ini secercah harapan muncul. Presiden Jokowi saat kunjungan kerjanya ke Sulsel menyampaikan rencananya untuk membangun stadion baru. Rencana itu disampaikan langsung Presdien Jokowi kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.(riel)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

BACA JUGA