32 C
Makassar
Saturday, February 24, 2024
HomeKONI MAKASSARPorkot VIII Makassar 2023 Dimulai, Mantan Atlet Tinju Ikut Menyalakan Api di...

Porkot VIII Makassar 2023 Dimulai, Mantan Atlet Tinju Ikut Menyalakan Api di Kaldron dari Atas Kursi Roda

INDONESIANUPDATE.ID | Pekan Olaharga Kota (Porkot) VIII Kota Makassar 2023 baru saja dimulai. Ditandai dengan pembukaan oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Open Ceremony berlangsung di Stadion Mini Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM), Jumat (20/10/2023) malam. Suasananya cukup meriah. Ribuan atlet dan masyarakat tumpah ruah. Lebih meriah lagi karena Band Kotak yang digawangi Tantri, Cella, dan Chua, mampu menghipnotis penonton dengan 11 tembang-tembang hitsnya.

Pembukaan event olahraga kota empat tahunan ini ditandai dengan tembakan ke layar oleh Ramdhan Pomanto. Walikota dua periode ini menerima senjata laras panjang dari salah satu anggota Brimob yang didampingi sejumlah atlet menembak dari Perbakin Kota Makassar.

Sejurus kemudian Danny Pomanto, sapaan sang walikota membidik layar monitor. Jaraknya sekitar 100 meter. ‘’Satu…dua….tiga….tembak,” pekik master of ceremony (MC) dari balik pengeras suara.

Senjata menyalak. Diserta suara letusan peluru yang membahana ke udara. Sinar laser dari layar monitor yang jadi sasaran mengeluarkan cahaya ke udara. Bersamaan dengan bunyi sirine. Menandai pembukaan Porkot VIII Makassar 2023.

Selanjutnya beberapa mantan atlet berprestasi muncul dari arah tribun utara stadion mini FIK UNM. Mereka berlari kecil sambil membawa obor. Menuju Kaldron, tempat api Porkot dinyalakan. Tak jauh dari Kaldron, ada Saharuddin Anhar, mantan atlet tinju kelas berat menunggu di kursi roda.

Lalu, prosesi menyalakan api Porkot dilakukan. Pelan tapi pasti api Porkot menyala hingga berakhirnya pelaksanaan Porkot yang akan berlangsung 20-30 Oktober 2023.

Pada Porkot kali ini ada 42 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan. Salah satunya cabor tinju. Venuenya di Anjungan Pantai Losari. Porkot kali ini melibatkan 5000 atlet dari 15 kecamatan di Kota Makassar. (risal)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

BACA JUGA