Pluim Borong Dua Gol, PSM Menang 2-1

52
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim borong dua gol untuk memastikan kemenangan Juku Eja atas PSIS Semarang.(FOTO: SYAH)

INDONESIANupdate.id |PSM Makassar memutus puasa menang. Itu terjadi di pekan ke-29 Liga 1. PSIS Semarang dikalahkan 2-1 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Minggu 6 Maret 2022.

Dua gol diborong kapten Juku Eja, Wiljan Pluim. Kemenangan ini  memutus puasa menang setelah tujuh laga beruntun selalu kalah.

Pluim pantas disebut man of the match di laga ini. Pada sesi jumpa media usai pertandingan, pemain berpaspor Belanda ini menegaskan PSM pantas menang. Alasannya,  karena lebih banyak mengontrol pertandingan. Juga tampil dengan semangat juang yang tinggi.

“Bagi PSM, kemenangan ini adalah hadiah dari kerja keras seluruh pemain. Saya senang fighting spririt yang dulu terkesan hilang kini muncul lagi,” ujar Pluim.

Eks gelandang Willem II itu mengakui hasil minor di laga-laga sebelumnya mendatangkan tekanan tersendiri buat para pemain.

“Saya senang. Dalam situasi sulit ini kami bisa bangkit,” kata pemain yang sudah bergabung di PSM sejak 2016 ini.

Pernyataan Pluim diamini pelatih PSM, Joop Gall. Eks pelatih Go Ahead Eagles ini menyebut, selain tampil dengan determinasi tinggi, anak asuhannya bermain disiplin. Terutama usaha keras Pluim dan kolega untuk lebih unggul dalam penguasaan bola.

“Di kamar ganti saat jeda pertandingan, saya bilang ke pemain, jangan terburu-buru saat mendapatkan peluang,” ungkap Joop Gall.

Saat PSM Makassar  mampu membalikkan keadaan di babak kedua, Joop Gall mengintruksikan pemainnya lebih disiplin untuk mengamankan kemenangan. Apalagi, pada pengujung laga, pemain PSM dan PSIS sudah terlihat kelelahan.

“Jadwal padat jelas berdampak pada kebugaran dan fisik pemain,” katanya.(syah)