Pertahankan Juara Umum, 7 Prestasi Membanggakan Skuad Makassar di Porprov Sulsel 2022

11
Ketua KONI Kota Makassar Ahmad Susanto menunjuk ke arah masa depan prestasi atlet Makassar yang gemilang.(IST)

INDONESIANUPDATE.ID | Kontingen Makassar dinobatkan se bagai juara umum Pekan Olahraga Provinsi I(PORPROV) XVII Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Kabupaten Sinjai dan bulukumba, 22-30 Oktober 2022. Sebanyak 177 medali emas, 80 perak dan 100 perunggu didulang ratusan atlet yang tersebar di 32 cabang olahraga yang diikuti Kota Makassar.

Makassar tidak hanya sekadar mampu mempertahankan gelar juara umum. Lebuh dari itu atlet-atlet kota Daeng juga mencatat sembilan prestasi membanggakan di ajang pesta olahrag multi event empat tahunan ini.  Nah, apa saja prestasi membanggakan itu? Berikut ulasannya.

Pertama.
Ini kali pertama Makassar meraih medali terbanyak sepanjang sejarah Porprov yang dulu bernama Pekan Olahraga Daerah (Porda). Rinciannya,  177 emas, 80 perak, dan 100 perunggu. Hal ini merupakan pencapaian terbaik. Meningkat 72 persen lebih dibanding Porprov 2018 di Pinrang. Saat kitu hanya meraih 103 medali emas.

Kedua. M
encetak enam rekor Poprov. Empat rekor diciptakan di kolam renang. Dua lainnya dari cabang atletik. Salah seorang pencetak rekor itu adalah Aril Hidayatullah, atlet renang yang membuat tiga rekor. Masing-masing di nomor 1.500 meter gaya bebas putra, 200 meter gaya ganti perorangan putra, dan 200 meter gaya dada putra. Atlet Makassar pemecah rekor lainnya adalah sprinter putri, Nurul Azizah dari nomor lari 200 meter putri.

Prestasi spektakuler ketiga. M
enyapu bersih medali emas, perak dan perunggu di nomor women individual cabor menembak. Tiga atlet Makassar yang mendominasi nomor ini adalah Sri Setiaty Handayani, Fidelya Frischa Eclesia, dan Reshinda.