Mengenal Asal Usul, Sejarah, dan Budaya Suku Toraja

285

Asal Usul Suku Toraja

Asal usul Suku Toraja berasal dari Teluk Tonkin. Letaknya di antara Vietnam Utara dan Cina Selatan. Awalnya, imigran asal Teluk Tonkin tinggal di wilayah pantai yang ada di Sulawesi. Kemudian mereka pindah ke dataran tinggi. Sampai saat ini masih didiami oleh Suku Toraja.

Masyarakat Tana Toraja adalah hasil percampuran dari penduduk lokal yang memang tinggal di dataran tinggi Sulawesi Selatan dengan para imigran dari Teluk Tongkin-Yunnan, Cina Selatan. Mereka berlabuh di sekitar hulu sungai, yakni daerah Enrekang. Kemudian membangun permukiman.

Asal usul dari Suku Toraja ini juga memiliki mitos tersendiri. Mitos itu sangat melegenda. Konon, leluhur dari Suku Toraja merupakan manusia yang berasal dari nirwana. Masyarakat Toraja percaya bahwa nenek moyang mereka turun dari langit dengan tangga yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan).

Kata Toraja sendiri memiliki asal usul. Orang Bugis menyebut Toraja sebagai to riaja yang berarti orang yang berdiam di negeri atas. Orang Luwu menyebutnya sebagai to riajang yang berarti orang yang berdiam di sebelah barat.

Ada pendapat lain menyebutkan bahwa toraja berasal dari dua kata yakni to yang artinya orang dan maraya yang artinya besar/bangsawan.

Proses adat Rambu Solo. Upacara adat Rambu Solo adalah upacara adat pemakaman sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada seseorang yang sudah meninggal.(IST)