Laga PSM VS PSS Tanpa Penonton

13
Laga PSM Vs PS Sleman tanpa suporter.(FOTO: RISAL/IU)

INDONESIANUPDATE.ID | PSM Makassar akan menjamu tamunya PSS Sleman salam lanjutan pekan ke-18 Liga 1 2022/2023. Laga berlangsung di Stadion BJ Habibie, Sabtu (14/1/2023).

Namun sayang. Di laga kali ini bakal tak terdengar hiruk pikuk suporter kedua tim di salam stadion. Sebab, aparat keamanan tak mengizinkan pertandingan dihadiri suporter.

Sehari sebelumnya, pada Jumat (13/1/2922/3) beredar isu pertandingan batal dilaksanakan. Kabar tersebut disampaikan Sadakati Sukma, salah satu pentolan suporter PSM di Instagram pribadinya.

“Sebelum janur kuning melengkung, semua bisa berubah,” tulis suporter yang karib disapa Sadat, ini.

“Pengelolaan kompetisi sepak bola Indonesia sudah terbiasa dengan hal seperti ini,” lanjut dia.

Namun, titik terang pun muncul Jumat sore.
Berdasarkan Emergency Meeting bersama Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono, Panpel PSM Makassar, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru.

“Pertandingan PSM Makassar melawan PSS Sleman dapat digelar tanpa penonton di Stadion Gelora Bj Habibie,” tegas AKBP Andiko.

Alasannya, karena stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu memiliki banyak catataan.
Dari Kementerian PUPR, ada sembilan poin catatan dan hanya satu yang masuk dalam kategori memadai. Sementara delapan poin lainnya dianggap belum memadai.

“Audit dari Kementerian PUPR hasilnya memang masih diperlukan rehabilitasi. Dari audit Polri dinilai baik tapi banyak catatan,” katanya.

Salah satu catatan, Stadion GBH belum mempunyai tempat parkir yang representatif. Yang paling krusial, stadion belum punya akses jalur yang representatif.

“Selama ini, tempat parkir menggunakan lahan-lahan warga untuk parkiran,” sebut Andiko.

“Artinya jalur official, pemain, dan suporter tidak boleh sama jika melihat peraturan yang ada. Karena disitulah kerawanan yang paling besar timbul,” tambah Andiko.

Hal itu dibenarkan Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Karim. “PERTANDINGAN Pekan 18 BRI Liga 1 2022/2023 antara PSM Makassar melawan PSS Sleman, Sabtu 14 Januari 2023, dipastikan digelar tanpa penonton,” tulis rlis dari PSM Makassar.

Mwski tanpa penonton, manajemen PSM Makassar mengapresiasi turunnya izin yang telah dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Manajemen juga meminta agar suporter kedua tim tidak hadir ke stadion secara langsung untuk menjaga ketertiban.

“Sekaligus mengimbau agar suporter PSM atau suporter tim tamu untuk tidak datang ke stadion. Hal ini demi menjaga terlaksananya pertandingan dengan baik,” ujarnya.(risal)

Kelompok Suporter PSM Makassar Redgank melakukan aksi keprihatinan dan doa untuk para korban Tragedi Kanjuruhan di Jalan AP. Pettarani , Makassar Minggu malam. ”Duka mu duka kita semua Rip sepakbola Indonesia.”(IG Redgank)