Komitmen Cerdaskan Investor, Panen SAHAM Datangi Padang dan Bukittinggi

37

INDONESIANUPDATE.ID| Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang saat ini banyak dipilih para investor, pemula maupun pro. Kalangan millenial pun mulai meminati dan menjadi investor saham.

Sejak 2019 hingga Juni 2022 jumlah investor di pasar modal juga terus meningkat. Totalnya menjadi 4 juta Single Investor Identification (SID) atau meningkat 262,3%.

”Hal ini dikarenakan investasi saham yang dapat memberikan penghasilan tambahan untuk membantu dan mencukupi kebutuhan para investor,” jelas Anthony, CEO Panen SAHAM Sekuritas Indonesia, Senin (26/12/2022).

Di samping itu, penting juga untuk dapat memahami dan memilih saham yang tepat untuk dijadikan investasi. Terutama investor pemula. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham. Diantaranya, mengetahui profil, risiko, menentukan tujuan investasi, dan jumlah investasi.

Perlu juga untuk mengetahui terlebih dahulu perusahaan dan fundamental dari perusahaan investasi. Mencari atau meminta nasihat kepada pialang, broker atau investor profesional, serta memahami analisis teknikal. Karena dalam berinvestasi, analisis fundamental sangat berpengaruh dalam memperbesar keuntungan.

Analisis fundamental sendiri merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang ada untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial serta keuangan yang terkait dengan emiten yang terdaftar di bursa saham.

Top-down approach merupakan salah satu pendekatan yang seringkali digunakan dalam proses analisis fundamental saham. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kondisi makro, sektoral, dan mikro perusahaan secara kualitatif dan kuantitatif.

”Analisis fundamental saham banyak digunakan oleh investor yang memilih investasi jangka panjang dan swing atau position trader,” katanya.

Dalam memilih transaksi saham yang cocok, analisis fundamental saham dapat dijadikan salah satu acuan untuk dapat memilih perusahaan yang tepat.

Selain itu, analisis fundamental juga dapat membantu investor dalam memprediksi waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari saham, mengetahui nilai wajar dari saham, hingga memutuskan pembelian atau penjualan saham tanpa stres yang berlebih.

Dari data-data yang diperoleh melalui analisis fundamental saham tersebut, nantinya akan diketahui saham apa saja yang tepat dengan tingkat prediksi keuntungan yang tinggi.

”Oleh sebab itu, analisis fundamental berperan penting dalam probabilitas kesuksesan ketika berinvestasi saham,” sebutnya.

Menurut CEO PanenSAHAM Sekuritas Indonesia yang bermitra dengan Mandiri Sekuritas, pihaknya berupaya untuk memberikan pemahaman kepada para investor di seluruh Indonesia dengan menggelar edukasi saham yang digelar secara gratis.

Anthony berkomitmen dalam mengadakan edukasi dengan berkeliling Indonesia untuk dapat menyebarluaskan pengalaman serta informasi mengenai investasi saham kepada banyak investor agar mampu sukses dalam berinvestasi.

“Kalau anda sudah dewasa di Pasar Modal, anda tidak akan tertarik lagi dengan Teknikal Analisis, tapi lebih memperhatikan Fundamental Analisis,” kata Anthony.(rilis/rajendra)