Ketua KONI Sulsel Kembali Tinjau Kesiapan Venue Porprov

42

INDONESIANUpdate.id | KETUA KONI Sulawesi Selatan, Yasir Mahmud kembali berkunjung ke Kabupaten Bulukumba dan Sinjai, Jumat (24/6/2022). Kunjungan kali ini untuk memastikan kesiapan venue yang akan digunakan pada Porprov yang berlangsung di dua kabupaten yang menjadi tuan rumah bersama.

Pesta olahraga multi event se Sulsel yang semula direncanakan akan berlangsung September diundur ke Oktober 2022.

Yasir bersama jajaran pengurus KONI Makassar mengunjungi 13 venue di Bulukumba dan 21 venue di Sinjai. Ia ditemani technical delegate (TD) 34 cabang olahraga (cabor), Jumat (24/6/2022).

Turut mendampingi Sekum KONI Sulsel Mujiburahman, Wakil Ketua Prof Ikhsan dan sejumlah pengurus lainnya.

Kabupaten Bulukumba daerah pertama yang dikunjungi. Rombongan KONI Sulsel diterima Wakil Bupati Bulukumba HA Edy Manaf bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadis Parpora) H Daud Kahal dan Ketua KONI Bulukumba Andi Makkasau di ruang rapat Kantor Bupati usai shalat Jumat.

Di depan rombongan KONI Sulsel, Edy Manaf meminta jadwal pasti pelaksanaan Porprov. “Sebagai tuan rumah kami butuh kepastian jadwal pelaksanaan. Harus jelas. Sebab ini akan menjadi prioritas kami sebagai tuan rumah,” ujar Edy.

Bukan tanpa alasan Edy Manaf mempertanyakan hal tersebut. Menurut dia, harus ada gambaran terukur. “Sebab
sebagai tuan rumah tentu ini menjadi beban kami. Di sisi lain kami juga mau sukses prestasi dan sukses pelaksanaan,” tegas Edy.

Menjawab hal tersebut Yasir menjelaskan pelaksanaan Porprov terpaksa diundur beberapa pekan. Alasannya, waktunya bersamaan dengan pelaksanaan Pra Popnas 9 – 15 September di Lampung.

“Ada banyak atlet yang ikut di dua event ini dan menjadi andalan berbagai cabor. Pak Kadispora juga sudah menyampaikan permohonan maaf untuk diundur beberapa pekan,” ungkapYasir.

Pertimbangan lain, dari hasil kunjungan kerja Dispora Sulsel, ternyata sejumlah venue di Sinjai dan Bulukumba belum rampung 100 persen.

“Terutama Tribun dan panggung stadion. Juga sejumlah venue yang masih dalam proses penyelesaian dan butuh waktu untuk proses pengerjaan,” tambah Yasir.

Hal lain, KONI Sulsel tengah menjajaki pertemuan dengan Forum CSR guna menggalang partisipasi aktif perusahaan-perusahaan di Sulsel untuk menjadi bagian dari penyelenggaraan Porprov.

“Hal ini dilakukan untuk mencukupkan kekurangan alokasi dana kepada KONI Sulsel guna membiayai Porprov,” ungkap Direktur Utama Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel, ini.

Putra asal Kabupaten Bone ini mengaku sudah melaporkan pengunduran jadwal pelaksanaan Porprov kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Untuk penetapan tanggal pastinya akan ditetapkan pada rapat pleno diperluas KONI Sulsel 29 Juni 2022 nanti,” tukasnya.

Yasir optimis sebagai tuan rumah Sinjai dan Bulukumba akan mempersembahkan yang terbaik.

“Saya yakin Sinjai dan Bulukumba akan mencatatkan sejarah dalam mensukseskan Porprov. Melalui kepemimpinan dan kebijakan pak Bupati untuk mensiasati kesuksesan acara patut diacungi jempol. Karena dengan penuh keterbatasan dan suasana di penghujung pandemi ini saya melihat venue cabor sudah hampir tuntas 100 persen,” kata Yasir.(risal)