Kemenperin Siap Membina Pengolahan Kakao IKM Chocotua di Bantaeng

49

INDONESIANUPDATE.ID | Balai Besar Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim  (BBIHPMM) Makassar melalui Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi & Digitalisasi (OPTD) serta Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) siap mendukung IKM pengolahan kakao Chocotua di Kabupaten Bantaeng.

Koordinator Konsultasi Industri dan Ketua Inkubator Bisnis Teknologi BBIHPMM, Muh Idham di Makassar mengatakan BBIHPMM terus mendukung pelaku IKM dalam peningkatan produk. Pengolahan Kakao Chocotua memiliki potensi dalam memproduksi coklat. Selain itu kakao asli Bantaeng memiliki rasa yang khas.

“Kami siap membantu dan mendukung pengolahan Kakao IKM Chocotua di Kabupaten Bantaeng dalam peningkatan produksi. Sebab potensi Kakao Bantaeng sangat bagus dan memiliki kualitas baik. Kami memiliki bidang Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi dan  inkubator bisnis teknologi untuk peningkatan teknologi produksi,” katanya, Rabu, 6 Juli 2022.

Idham mengatakan BBIHP mendukung sertifikasi Standard Nasional Indonesia (SNI) untuk pelaku IKM. Termasuk pengolahan kakao seperti kakao bubuk dan kakao pasta.

“Kami juga bisa membantu untuk sertifikasi SNI melalui Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) BBIHPMM sebagai sarana untuk memberikan jaminan bahwa produk memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam standar nasional,” katanya.

Petani memeriksa kakao yang tergantung di pohon.(IST)