25 C
Makassar
Wednesday, April 24, 2024
HomeLAW AND CRIMINALKekayaan Harvey Moeis Tersangka Korupsi Timah, Nilainya Triliunan

Kekayaan Harvey Moeis Tersangka Korupsi Timah, Nilainya Triliunan

INDONESIANUPDATE.ID | Pasangan Sandra Dewi, Harvey Moeis, telah resmi diumumkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi izin usaha pertambangan PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022.

Ia merupakan salah satu dari 16 tersangka kasus korupsi yang dari perusahaan tersebut. Total kerugikan negara sekitar Rp271,06 triliun.

Penetapan Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi diumumkan oleh penyidik Kejaksaan Agung Rabu lalu. Ada dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan status tersangka bagi Harvey.

Harvey sudah ditahan di Rutan Salemba di Kejari selama 20 hari untuk proses penyidikan lebih lanjut. Akibat dari kasus korupsi ini, harta kekayaan Harvey Moeis juga membuat publik penasaran.

Berapa sebenarnya kekayaan Harvey Moeis, suami dari Sandra Dewi itu?

Pengusaha Batubara 

Kekayaan Harvey Moeis dipercaya berasal dari sektor pertambangan batubara, khususnya tambang batubara di Bangka Belitung, daerah asal Sandra Dewi, pasangan hidupnya. Kabar ini sempat diungkap oleh Sandra Dewi kepada Tabloid Nova sekitar tahun 2016.

Dia dikenal sebagai salah satu tokoh yang memiliki kontrol atas beberapa tambang batubara di wilayah tersebut. Salah satu entitas usaha yang dimiliki Harvey adalah PT Multi Harapan Utama. Dia menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Bisnis Saham

Selain itu, dia juga memiliki kepemilikan saham di beberapa perusahaan tambang batubara lainnya. Diantaranya di PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa, dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Menariknya, Harvey Moeis juga memiliki saham di perusahaan pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) sebesar US$185,6 juta atau berkisar Rp2 triliun dengan besaran 18,17 persen dari seluruh kontrak.

Kekayaan Harvey Moeis Tersangka Korupsi Timah, Nilainya Triliunan
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

BACA JUGA