Kapolri : Korban Meninggal Insiden Kanjuruhan 125 Orang

44
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) meninjau lokasi tragedi Kanjuruhan (dok. Polri)

INDONESIANUPDATE.ID | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan data terakhir korban insiden di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/10/2022) malam, yang sudah diverifikasi sebanyak 125 orang.

“Hasil verifikasi terakhir tim DVI (Disaster Victim Investigation) bersama Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Malang terkonfirmasi jumlah meninggal 125 orang. Sebelumnya dilaporkan ada 129, tetapi karena yang tercatat ganda,” kata Listyo Sigit di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022).

Kapolri menyampaikan polisi saat ini masih menginvestigasi insiden tersebut. Termasuk soal prosedur penembakan gas air mata ke penonton yang dilakukan petugas kepolisian yang bertugas.

“Kami akan mendalami terkait SOP dan tahapan yang dilakukan oleh tim pengamanan yang bertugas. Tahapan yang dilakukan akan diaudit. Kita akan cari informasi lain. Termasuk ke pemain dan ofisial,” katanya.

“Pihak-pihak yang perlu kita lakukan pemeriksaan. Siapa yang harus bertanggung jawab akan kami proses. Termasuk soal pidana,” tegas Kapolri.

Listyo Sigit menjelaskan, kepolisian akan membuka hasil investigasi dengan transparan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. “Sesuai arahan Presiden, karena begitu besarnya kasus dengan korban meninggal, kami bersama tim akan melaksanakan pengusutan terkait dengan proses penyelenggaraan. Tentunya pengamanan dan tentunya investigasi atas peristiwa yang mengakibatkan banyaknya korban meninggal,” katanya.