Kalah 3-1, Rekor PSM Makassar Diputus Persija Jakarta

59
Duel gelandang Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu (kanan) dan gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri (kanan) dalam laga pekan 32 Liga 1 2021-2022, di Gelora Ngurah Rai, Bali, Senin (21/3/2022). (foto/official Instagram Persija Jakarta)

INDONESIANupdate.id – PSM Makassar harus menelan pil pahit saat menjalani debut pekan 32 Liga 1 2021-2022. Pasalnya, menghadapi Persija Jakarta, Pasukan Ramang takluk dengan skor telak 3-1 di Gelora Ngurah Rai, Bali, Senin (21/3/2022). 

Padahal, laga ini menjadi salah satu kesempatan Wiljan Pluim dan kawan-kawan untuk memperlebar jarak dengan tim-tim zona merah. Namun kenyataannya, PSM mengalami kekalahan dan tentunya sangat merugikan. 

Pada laga menghadapi Persija, PSM Makassar sebenarnya mampu unggul lebih dulu lewat Yakob Sayuki pada menit 16. Akan tetapi, Makan Konate mampu menyamakan kedudukan di menit 34. 

Di akhir laga babak pertama, Macan Kemayoran mampu mengambil alih pertandingan dengan unggul 2-1. Irfan Jauhari, berhasil mencetak gol kedua untuk Persija di menit 45. 

Skor pun berakhir 2-1 untuk keunggulan tim asal DKI Jakarta ini. Pada babak kedua, PSM malah kecolongan stelah Taufik Hidayat memperlebar keunggulan Persija di menit 59. 

Alhasil, skor menjadi 3-1 sekaligus Persija mengunci kemenangan. Dengan hasil ini, PSM tetap berada di posisi 13 klasemen sementara dengan 35 poin dan Persija naik ke posisi tujuh dengan 44 poin setelah meraih kemenangan.

Selain itu, kekalahan yang diderita PSM berbuntut pada rekor tim. Rekor itu, mengenai lima laga Pasukan Ramang yang tak menderita kekalahan. 

Masing-masing empat kali imbang lawan Bhayangkara FC (0-0), PSS Sleman (0-0), Persipura Jayapura (0-0), dan Persela Lamongan (2-2). Sementara satu laga, PSM menang tipis daei PSIS Semarang dengan skor 2-1. 

Pelatih PSM Makassar, Joop Gall sebelumnya sangat berambisi untuk melanjutkan tren tim yang tak pernah kalah selama lima laga. Bahkan, ia bisa menyapu bersih sisa laga Liga 1 musim ini dengan hasil minor. 

“Kita masih memiliki tiga pertandingan. Sisa pertandingan, kita mau kalahkan delapan pertandingan tanpa kekalahan,” tegas Joop Gall saat sesi press converence jelang menghadapi Persija Jakarta, Minggu (20/3/2022). 

Hanya saja, tekad pelatih asal Belanda itu harus buyar setelah anak asuhnya kalah 3-1 atas Persija Jakarta. Dengan demikian, PSM pun masih menyisakan dua laga sebelum kompetisi berakhir.

Masing-masing melawan Persiraja Banda Aceh pada pekan 33 Liga 1 pada 25 Maret mendatang. Kemudian menghadapi Arema FC namun laga ini belum ditentukan jadwalnya. (Ben)