Kabar Gembira Bagi Calon Haji

92

INDONESIANUpdate.id | KEPALA Bidang (Kabid) Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) Solihin mengatakan akan membuka Asrama Haji Sudiang untuk jemaah calon haji pada 3 Juni 2022 mendatang.

Selama pandemi Covid-19 Asrama Haji Sudiang memang tidak dibuka selama dua tahun. Kabar ini tentu saja membuat gembira para jamaah calon haji (JCH) musim haji 2022 asal Sulsel.

“Jemaah masuk asrama haji 3 Juni, dan 4 Juni sudah ke Madinah untuk gelombang pertama,” ungkap Solihin, Jumat 6 Mei 2022.

Untuk menyambut para JCH Embarkasi Makassar yang meliputi provinsi di Kawasan Timur Indonesia, yakni empat provinsi di Sulawesi minus Manado, dua provinsi di Pulau Maluku dan dua provinsi di Papua, Kemenag Sulsel sudah mempersiapkan berbagai fasilitas bagi CJH.

Mengenai jumlah kuota untuk Sulsel, kata dia, karena masih dianggap pandemi Covid-19, maka hanya mendapat kuota sekitar 45 persen dibandingkan kondisi normal.

“Sulsel hanya mendapat kuota sekitar 3.320 orang jemaah,” sebutnya.

Padahal menurut Solihin, dalam kondisi normal biasanya memperoleh kuota sekitar 6 ribu lebih. Bahkan sampai 8 ribuan jemaah. Saat ini daftar tunggu di Sulsel mencapai 238.960 jemaah.

“Kalau daftar haji hari ini di Bantaeng misalnya, 45 tahun ke depan baru berangkat,” kata Solihin.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengeluarkan dan menandatangani ketetapan kuota haji 2022. Ketetapan melalui Surat Keputusan Menteri Agama KMA Nomor 405 tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia secara nasional sebanyak 100.051, terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.(risal)