Iran Luncurkan Rudal ke Israel, Meleset ke Wilayah Arbil Irak

51
Rudal balistik Iran.(REUTERS)

INDONESIANupdate.id | SERANGAN rudal  Iran nyasar ke kota Arbil, Irak Utara. Serangan itu targetnya  ke ‘pusat strategis’ Israel, namun meleset ke wilayah Irak.

Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi Minggu 13 Maret 2022 waktu setempat. Pihak berwenang di wilayah otonomi Kurdi Irak sebelumnya mengatakan 12 rudal balistik menghujani Arbil sebelum fajar. Serangan itu melukai dua warga sipil sehingga menyebabkan kerusakan material, tanpa ada korban jiwa.

Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi mereka menembakkan proyektil dan mengklaim telah menargetkan situs yang digunakan oleh Israel, sebagai sekutu utama Amerika Serikat.

“Sebuah pusat strategis untuk konspirasi dan kejahatan Zionis menjadi sasaran rudal presisi yang kuat yang ditembakkan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam”, kata Garda, tentara ideologis Iran dalam sebuah pernyataan mengutip AFP, Minggu 13 Maret 2022.

Serangan ini terjadi hampir sepekan setelah Garda bersumpah untuk membalas kematian dua perwira mereka yang tewas dalam serangan roket di Suriah. Mereka menuduh pelakunya adalah tentara Israel.

”Israel, akan membayar kejahatannya,” tegas Garda.

Sejauh ini tidak ada reaksi langsung dari Israel terhadap serangan rudal tersebut. Otoritas Kurdi bersikeras jika negara Yahudi itu tidak memiliki ‘situs’ atau di dekat Arbil. Pihak berwenang Kurdi mengatakan target serangan itu adalah konsulat Amerika Serikat.
Sementara itu Gubernur Arbil Oumid Khouchnaw pada konferensi pers mengatakan dua orang terkena serangan rudal. Satu sopir taksi dan penjaga sebuah peternakan. Mereka terluka.

Ia lantas menolak sembari menyebut jika itu tuduhan tak berdasar terkait informasi mengenai keberadaan situs Israel di sekitar Arbil.

“Kami telah mendengar untuk beberapa waktu bahwa situs Israel hadir. Ini adalah tuduhan tak berdasar. Tidak ada situs Israel di wilayah tersebut,” tegas Khouchnaw.(syah)