Ini Tiga Kunci Kemenangan Liverpool

87
Jurgen Kloop.(IST)
LIGA CHAMPIONS 2022 

INDONESIANupdate.id | PELATIH Liverpool, Juergen Klopp, menjelaskan sedikitnya tiga kunci keberhasilan anak asuhnya menaklukkan Villarreal pada leg kedua semifinal Liga Champions.

Pertama, kehadiran Luis Diaz membuat pergerakan trio lini depan Liverpool menjadi lebih fleksibel.

‘’Kedua, Liverpool lebih cermat memanfaatkan ruang kosong di lini tengah. Ketiga, Liverpool disiplin menerapkan compact defense dan membatasi ruang gerak pemain Villarreal di lini tengah,’’ ungkap Klopp usai laga leg kedua Liga Champions 2022 antara  Viallarreal vs Liverpool di Estadio de La Ceramica pada Rabu, 4 Mei 2022 dini hari WIB.

Ia mengakui, babak pertama, Liverpool sangat kesulitan mengembangkan permainan. Mereka hanya mampu melepaskan dua tembakan ke arah gawang. Itupun  tidak tepat sasaran. Di sisi lain, Villarreal tampil mendominasi. Penguasaan bolanya mencapai 57 persen.

Villarreal juga tercatat berhasil melepaskan empat tembakan ke arah gawang. Kapal Selam Kuning, julukan Villarreal, mulai mendominasi setelah Boulaye Dia mencetak gol cepat pada menit ketiga.

Terkait babak pertama, Klopp mengakui Villarreal bermain lebih baik daripada Liverpool. Klopp bahkan menilai Liverpool seperti tidak bermain pada babak pertama.

“Kami menyulitkan diri sendiri pada babak pertama. Kebobolan setelah dua atau tiga menit jelas kebalikan dari apa yang kami inginkan,” kata Klopp dikutip dari BT Sport.

“Villarreal mendapatkan momentum. Saya menghormati apa yang sudah dilakukan pemain Villarreal dan staf pelatih mereka. Villarreal menempatkan kami di bawah tekanan,” ujar Klopp.

“Kami tidak bermain sepak bola sama sekali. Saya memberi tahu pemain saat jeda bahwa ‘Villarreal memang memiliki momentum, tetapi mereka tidak memilikinya!’,” tutur Klopp menambahkan.

“Sadio Mane, Diogo Jota, dan Mohamed Salah, kesulitan mencari ruang. Itu karena Villarreal menerapkan man to man marking. Kami hanyut dalam permainan Villarreal pada babak pertama,” ujar pelatih asal Jerman itu.

Di babak kedua, Klopp langsung membuat satu perubahan. Diogo Jota ditarik keluar. Ia digantikan Luis Diaz. Pergantian ini berdampak langsung terhadap permainan Liverpool.