Ini jadwal Scrutineering dan Technical Meeting Suryanation Sonic Speed The Drag Race 2023

22

INDONESIANUPDATE.ID |- Gelaran event balap trek lurus drag race kembali bergulir. Kejuaraan Provinsi bertajuk “Suryanation Sonic Speed the Drag Race 2023” akan berlangsung di Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin Kabupaten Maros, 27-28 Mei 2028. Komunitas otomotif Sonic Speed Indonesia kembali dipercaya oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan sebagai penyelengggara.

Ketua Harian Sonic Speed Indonesia Wawan Wirawan, yang juga pilot officer pada gelaran event ini mengatakan, sebelum event, panitia akan melakukan scrutineering atau pemeriksaan kendaraan di Bengkel Mahaputra Mandai, Jalan Poros Makassar Nomor 1 pada Kamis, 25 Mei 2023 mulai pukul 10:00-16:00 Wita.

“Lalu dilanjutkan technical meeting pada malam harinya di Max One Hotel, Jalan Taman Makam Pahlawan No. 5 pukul 20:00 Wita,” kata Wawan Wirawan.

Wawan menambahkan, tujuan  scrutineering selain uji kelayakan kendaraan juga untuk menentukan kelas yang diikuti peserta. Selain itu, dalam tahap ini juga dilakukan pemeriksaan administrasi pembalap seperti kwitansi pendaftaran dan KIS (kartu ijin start) dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Scrutineering meliputi pengecekan kendaraan terutama safety. Kemudian untuk memastikan kelas yang diikuti sesuai besarnya CC mobil,” ungkap Wawan.

Sekretaris Badan Prestasi Olahraga dan Seni (BPOS) Pemuda Pancasila Sulsel ini mengatakan, berkompetisi di sirkuit tentu ada aturannya. Maka faktor safety sebelum balap itu penting. Untuk itu pihaknya selalu menegaskan dan mensosialisasikan soal keselamatan.

“Kami selalu kedepankan soal safety. Berbagai persiapan sementara on progress, peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang menjadi titik fokus kami pada gelaran kali ini,” ujarnya.

Lebih jauh Wakil Ketua Komisi Olahraga DPD KNPI Sulawesi Selatan ini menjelaskan, Lanud Sultan Hasanuddin dipilih sebagai venue karena memenuhi syarat dan standar penyelenggaraan baik dari sisi lintasan maupun safety.

“Kami sudah pernah menyelenggarakan event yang sama sebelumnya. Sudah ada beberapa catatan yang menjadi koreksi dan evaluasi, di event nanti coba kami perbaiki,” sambung Wawan.

“Apalagi pada balapan kali ini mendapat support dari Suryanation sebagai main sponsor dan Bengkel Mahaputra, Hankook , Hurricane dan Oli Mobil 1 sebagai co sponsor tentu akan banyak hal hal yang berbeda. Ditunggu saja kami tak menjanji tapi lebih daripada berupaya. Yang jelas akan banyak keseruan dan penambahan acara yang membuat event kali ini lebih menarik dan tak sekedar balap,” tutup Wawan.

Sekadar tambahan, Sonic Speed Indonesia sebagai penyelenggara adalah komunitas otomotif yang sudah eksis sejak tahun 2001. Pengalaman sebagai penyelenggara kegiatan, Sonic Speed Indonesia tak dapat dipandang sebelah mata. Puluhan event baik berstatus lokal, provinsi bahkan nasional yang telah pernah mereka selenggarakan.

Terakhir di tahun 2022, Sonic Speed dianugrahi penghargaan IMI Sulsel Awards sebagai klub penyelenggara Kejuaraan Nasional Drag Race 2022 dan penghargaan IMI Sulsel Awards sebagai penyelenggara Kejuaraan Provinsi Slalom oleh IMI Sulawesi Selatan di tahun 2022.

Di tahun 2023, komunitas mobil yang tersebar dibeberapa daerah ini langsung tancap gas. Sejumlah program kerja langsung disusun, salah satunya menyelenggarakan kejuaraan provinsi Drag Race Putaran 2 tahun 2023. (rls)