Ini Arti dan Fungsi Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matik Anda

48

INDONESIAUPDATE.id | MUNGKIN Anda salah satu orang yang baru belajar menggunakan mobil matik. Atau mungkin saja sudah lama bisa menyetir tapi belum mengetahui arti huruf dan angka serta fungsi persneling pada mobil Anda

Mobil dengan transmisi otomatis atau matik semakin digemari banyak orang. Penjualannya naik terus. Mobil ini dianggap praktis. Apalagi digunakan di perkotaan yang rawan macet panjang.

Dilansir dari laman mitsubishi-motors.co.id, alasannya adalah karena pengoperasiannya yang lebih mudah dengan dua pedal saja, yaitu gas dan rem.

Bagi Anda yang akan atau baru mengendarai mobil matik, ada sedikit perbedaan pada persneling atau tuas transmisinya. Persneling mobil matik biasanya terdiri dari deretan huruf dan angka seperti P – R – N – D – 2 – 1/L. Apa arti dari huruf dan angka tersebut dan apa kegunaannya?

Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matik

P atau Parking
Mode ini digunakan ketika mobil dalam posisi berhenti dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, P juga digunakan saat parkir dengan kondisi mesin mati. Dengan mengarahkan persneling pada huruf P, maka transmisi akan terkunci sehingga mobil tidak dapat didorong. Posisi P persneling juga merupakan awal ketika mobil dihidupkan.

R atau Reverse
Sesuai namanya, huruf R pada persneling mobil matik berfungsi untuk memundurkan mobil. Hal ini sama sebagaimana pada mobil manual.

N atau Neutral
Posisi N menandakan transmisi bebas dan tidak terkunci. Hal ini juga sama sebagaimana pada mobil manual.

D atau Drive
D adalah singkatan dari drive atau jalan. Dilansir dari laman suzuki.co.id, umumnya mobil matik melaju dengan posisi ini. Pada posisi D, perpindahan gigi dari 1 hingga gigi tertinggi pada mobil matik dilakukan secara otomatis.

2 atau Second (S)
Posisi ini berguna ketika sedang melaju di kondisi jalan menanjak atau pegunungan karena transmisi hanya bekerja pada gigi 1 dan 2. Selain itu, posisi ini juga dapat berfungsi sebagai engine brake.

1 atau Low (L)
Posisi ini digunakan untuk bergerak maju dengan posisi gigi 1. Posisi persneling 1 pada mobil matik  idealnya digunakan ketika mobil menanjak atau melaju pada turunan curam agar mobil tidak melaju dengan kencang.(*/syah)