Ini 5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Turki

64
Ataturk Mausoleum. Bangunan megah dengan warna cokelat ini merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk

INDONESIANupdate.id | SEJUMLAH destinasi wisata di Turki selalu menarik dikunjungi wisatawan. Ada lima diantaranya jadi tempat favorit para pelancong. Termasuk para artis Indonesia.

  1. Pamukkale

Pamukkale dikenal kolam pemandian air panasnya. Terletak  di daerah Denizli barat daya Turki yang memiliki panorama luar biasa. Kolam-kolam airnya berwarna biru.

Warna air biru dan putihnya bebatuan mendominasi wisata alam tersebut. Ini membuat siapa pun yang berendam menjadi betah berlama-lama.

kolam pemandian air panas
  1. Masjid Biru

Masjid Biru atau Blue Mousque adalah bagunan ikonik dari Negera Turki. Bangunan ini dibuat dengan arsitektur megah dengan menara-menara tinggi dan kubah raksasa.

Tempat ibadah umat Islam itu didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga. Dibangun dari tahun 1609 sampai 1616. Sampai sekarang masih kokoh dan terpelihara.

Pembuatan bangunan dengan gaya Timur Tengah dan Romawi tersebut merupakan perintah dari Sultan Ahmed. Alasan diberikan nama Masjid biru karena interiornya yang didominasi warna biru.

Masjid biru.
  1. Ataturk Mausoleum

Banyak peninggalan sejarah yang terkenal di Turki. Di antaranya Ataturk Mausoleum. Bangunan megah dengan warna cokelat ini merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk.

Mustafa Kemal merupakan tokoh penting masyarakat Turki. Selama hidupnya ia berjasa dalam membebaskan bangsanya dari penjajahan.

Demi memberikan penghormatan terakhir, dibangunlah makam yang mewah. Pembangunanya juga membutuhkan waktu yang lama yakni hingga sembilan tahun.

Ataturk Mausoleum. Bangunan megah dengan warna cokelat ini merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk
  1. Ephesus

Bagi Anda yang suka berwisata sejarah, disarankan untuk melihat peninggalan sejarah di Turki yang satu ini. Cobalah mampir ke Ephesus. Ini merupakan reruntuhan Kota Romawi Kuno.

Ada banyak reruntuhan yang dulunya digunakan untuk perpustakaan hingga panggung tempat para gladiator bertarung. Lokasinya dekat dari Bandara Adnan Menderes.  Hanya sekitar satu jam perjalanan menuju lokasi ini.

Meski hanya tersisa reruntuhan saja, masih banyak bangunan yang berdiri dengan kokoh, walau tak utuh. Berswafoto di tempat ini pun bisa sangat terlihat bagus dan ikonik.

Ephesus. situs bersejarah merupakan reruntuhan Kota Romawi Kuno.
  1. Cappadocia

Wisata Cappadocia sangat terkenal seantero dunia. Tak heran ada banyak pengunjung dari berbagai negara yang akan mampir ke sini saat berada di Turki.

Cappadocia memiliki bentang alam yang unik. Terbentuk secara natural akibat erupsi dan erosi lebih dari ratusan tahun yang lalu.

Terdapat sejumlah goa yang kini berfungsi sebagai museum, hotel, dan restoran. Di sini, kita juga dapat naik balon udara dan menikmati indahnya wilayah tersebut dari atas.

Biaya untuk naik balon udara di Cappadocia antara 170 dolar sampai 220 dolar Amerika Serikat (AS). Atau berkisar Rp2,4 juta-Rp3,1 juta dengan durasi 45 menit sampai 1 jam.

Lokasi tempat wisata ini ada di distrik kuno. Tepatnya bagian timur dari Anatolia, dataran tinggi utara pegunungan Taurus.(*/syah)

Cappadocia