Ikan Bakar dan Bumbu Kacang RM Paotere yang Memanjakan Lidah

59
Aneka ikan bakar dan bumbu lombok RM Paotere.(IST)

INDONESIANupdate.id | PAOTERE tidak hanya terkenal dengan pelabuhan tradisionalnya. Juga bukan hanya karena di sana ada pelelangan ikan yang sudah berumur puluha tahun. Ada satu lagi tempat yang membuat Paoter kesohor hingga manca negara. Rumah Makan (RM) Paotere.

Di Pelanbuhan Paotere aktivitas jual beli ika n begitu ramai.  Setiap hari berbagai jenis ikan diturunkan dari kapal yang melayari laut Sulawesi Selatan. Hasil baharinya menjadi bahan utama hidangan laut yang istimewa. RM Paotere termasuk yang jago mengolahnya. Kepiawaiannya sempat memikat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden RI ke-6.

’’CESSS.’’ Begitu desis yang terdengar saat kulit ikan menyentuh panggangan yang membara. Bunyi itu seperti mantra pemanggil bagi orang yang berlalu-lalang di Jalan Sabutung. Mustahil mereka bisa mengabaikannya. Apalagi aroma dari asap yang mengepul dari tempat pembakaran ikan. Aromanya makin membuat selera makan bertambah.

Panggangan RM Paotere yang ukurannya separo meja pingpong itu tidak pernah bisa dingin. Mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WITA. Baranya tak pernah padam. Silih berganti ikan-ikan segar dibakar di atasnya.

RM Paotere adalah salah satu rujukan seafood di Makassar. Lokasinya terletak bagian utara Kota Daeng. Tepatnya, sekitar 200 meter dari Pelabuhan Paotere dan kira-kira 3 kilometer dari pusat kota Makassar.

Restoran dua lantai itu menyediakan berbagai hasil laut. Baik ikan karang, laut dangkal, maupun laut dalam. Ada pula cumi-cumi dan udang.

’’Ada ikan karang seperti kakap merah, kerapu sunu, baronang, kaneke. Ada juga ikan bolu (bandeng) yang menjadi menu andalan Paotere. Semua fresh langsung dari pelelangan ikan,’’ ujar pengelola RM Paotere, Nurhayati, dikutip Jawa Pos.

RM Paotere tidak sekadar jualan rasa. Bukan melulu urusan lidah yang jadi prioritas. Tapi, kualitas ikan sebagai bahan baku juga penting. Nurhayati berani menjamin bahwa ikan-ikan yang dia pakai dalam olahannya adalah yang terbaik. Artinya, tidak pernah menginap di kapal. Apalagi, menginap di tempat usaha warisan orang tuanya itu.

’’Tiap hari ganti. Tidak ada ikan yang menginap di sini. Itu yang membuat ikan bakar di sini banyak disukai,’’ ujarnya.

Aneka ikan bakar RM Paotere lengkap dengan aneka bumbu khas, salah satunya lombok bumbu kacang.(IST)