Hepatitis Misterius Sudah Serang 20 Negara di Dunia, Terdeteksi 228 Kasus

103
ILUSTRASI

INDONESIANUpdate.id | ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan kasus hepatitis yang menyerang usia anak-anak melonjak menjadi 228 kasus. Lonjakan kasus tersebut sudah meluas ke 20 negara di dunia.

“Pada 1 Mei, setidaknya 228 kasus (hepatitis) yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki,” ujar Juru Bicara WHO Tarik Jasarevic dalam konferensi pers di Jenewa pada Senin (2/5/2022).

Dikutip Kompas.com dari Reuters, Selasa (3/5/2022), otoritas kesehatan di seluruh dunia saat ini tengah menyelidiki peningkatan misterius dalam kasus hepatitis akut pada anak-anak. Ini menjadi persoalan serius mengingat kasus ini sudah menelan korban jiwa.

Dilansir Kompas.com dari New York Post, Selasa (3/5/2022), tidak hanya jumlah kasus hepatitis akut yang naik. Angka kematian akibat virus itu juga mengalami peningkatan. WHO mengatakan, penyakit itu mengakibatkan empat kematian tambahan. Total anak yang meninggal, 5 orang.

Lebih dari 20 anak-anak AS di 10 negara bagian, di antaranya New York, AS, telah terserang penyakit hepatitis akut.

Adapun gejala-gejalanya, yakni: Demam Kelelahan Kehilangan nafsu makan Mual Muntah Sakit perut Urin berwarna gelap Tinja berwarna terang Nyeri sendi Penyakit kuning (mata dan kulit menjadi kekuningan). Dilaporkan, beberapa pasien bahkan memerlukan transplantasi hati.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/C/2515/2022 menjelaskan mengenai temuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (acute hepatitis of unknown artiology).