Hasil MotoGP Qatar: Enea Bastianini di Depan

44
Enea Bastianini menang.(IST)

INDONESIANupdate.id | ENEA Bastianini berhasil mengawali musim 2022 dengan baik. Pada seri perdana MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu, 6 Maret 2022. Pembalap Gresini Racing itu mampu mencuri kembali posisi di barisan depan.

Marc Marquez, yang mengawali balapan dari posisi ketiga, berhasil memimpin di depan Espargaro. Sementara itu, pembalap Ducati, Jorge Martin yang mengawali balapan dari posisi terdepan, secara mengejutkan turun ke urutan ketujuh.

Pol Espargaro berada di depan Marquez untuk memimpin di pertengahan lap pertama. Adapun pembalap KTM Brad Binder naik ke urutan ketiga dari posisi ketujuh di awal balapan. Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, sempat membuat awal yang menakjubkan dari kedelapan ke keempat.

Juara bertahan Fabio Quartararo mendapat tekanan dari Alex Rins. Kurangnya kekuatan motor Quartararo di lintasan lurus garis start sepertinya gagal membuatnya meringsek ke barisan depan. Sebab itulah, Rins berhasil meninggalkan pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP tersebut.

Empat barisan terdepan diisi Espargaro, Binder, Bastianini dan Marquez hingga lap ke-11. Di lap tersebut juga, pembalap Ducati Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan setelah motornya bersenggolan dengan Jorge Martin. Ducati kehilangan dua pembalap yang dianggap menjadi penantang utama perebutan gelar juara musim ini.

Saat lima lap tersisa, Pol Espargaro justru keteteran. Saat berada di lintasan lurus start-finish, pembalap asal Spanyol itu justru melebar. Kesalahan itu berhasil dimanfaatkan Bastianini dan Binder untuk menyalip dan memimpin perlombaan. Setelah itu, Bastianini praktis tak mampu terkejar Brad Binder dan Pol Espargaro yang finis di peringkat ketiga.

Kejutan juga terjadi saat Quartararo gagal mempertahankan posisi di peringkat kedelapan. Di lintasan lurus terakhir, Quartararo harus rela kehilangan posisinya setelah Johann Zarco berhasil melambung sebelum garis finis.

Sejumlah pembalap mengalami kecelakaan di seri perdana MotoGP 2022. Selain Bagnaia, yang juga menjadi runner up kejuaraan musim lalu, Alex Marquez dari LCR Honda, Miguel Oliveira dari KTM dan Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 MotoGP juga gagal menyelesaikan balapan.(*/syah)

 

 

Enea Bastianini