Final Carabao Cup Chelsea Vs Liverpool : Adu Strategi Duo Coach Jerman

58
Dua pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel versus Jurgen Klopp. (Skysports)

MAKASSAR|INDONESIANUPDATE.id| DUA tim papan atas Liga Inggris, Chelsea dan Liverpool akan saling jajal. Keduanya akan berebut jawara Carabao Cup pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (27/2/2022) malam WITA. Duel ini juga akan mempertemukan duo pelatih Jerman berpengalaman, Thomas Tuchel versus Jurgen Klopp.

The Blues berhasil melenggang ke partai puncak Carabao Cup setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan agregat 3-0. Pada laga leg pertama, Chelsea  menang 2-0. Pada pertemuan kedua menang dengan skor 1-0.

Sementara itu, The Reds menyingkirkan Arsenal dengan keunggulan agregat 2-0. Pada pertandingan pertama, Liverpool harus puas bermain imbang 0-0. Tetapi pada laga kedua berhasil merengkuh kemenangan 2-0 atas The Gunners.

Kini, kedua tim bakal adu kekuatan pada partai final Carabao Cup 2021/2022. Duel Chelsea versus Liverpool diprediksi bakal berjalan seru sejak menit awal. Pasalnya, kedua tim sama-sama sedang dalam kondisi on fire.

Chelsea tidak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir di seluruh ajang. Rinciannya,  enam kemenangan dan sekali imbang. Di sisi lain, Liverpool berhasil merengkuh 10 kemenangan dan dua hasil imbang dari 12 pertandingan sebelumnya.

Andai berhasil merengkuh trofi juara, The Blues dan The Reds akan menyudahi penantian dalam merengkuh trofi Carabao Cup. Chelsea  terakhir kali menjadi juara pada musim 2014/2015, sedangkan Liverpool  pada musim 2011/2012.

Head to Head Thomas Tuchel Vs Jurgen Klopp

Pertandingan tersebut juga mempertemukan dua pelatih asal Jerman dengan prestasi mentereng, Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp. Tuchel berhasil meraih 11 trofi juara dalam karier kepelatihannya.

Dari 11 titel tersebut, empat di antaranya direngkuh Thomas Tuchel bersama Chelsea. Di sisi lain, Klopp berhasil meraih sembilan gelar juara sebagai pelatih, di mana empat trofi didapat bersama Liverpool.

Kedua pelatih itu pun kerap saling berhadapan di berbagai ajang. Berdasarkan data di Transfermarkt, Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp sudah 17 kali saling bentrok.

Dari 17 laga tersebut, Klopp lebih unggul ketimbang Tuchel yakni memetik sembilan kemenangan. Adapun Tuchel menang dalam tiga laga dan lima pertandingan sisanya berakhir imbang.

Pertemuan Pertama dan Terakhir

Kedua pelatih tersebut pertama kali bersua di Bundesliga pada 21 November 2009. Ketika itu, Jurgen Klopp mengasuh Borussia Dortmund, sedangkan Thomas Tuchel duduk di kursi FSV Mainz 05.

Akan tetapi, duel tersebut berakhir tanpa pemenang. Dortmund dan Mainz harus puas bermain imbang tanpa gol.

Sementara itu, pertemuan terakhir Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp terjadi pada pekan ke-21 Premier League 2021/2022. Ketika itu, Chelsea dan Liverpool bermain imbang 2-2 di Stamford Bridge, 2 Januari 2022.(syah)