Dulang 67 Medali, Perenang Makassar Juara di Kukar Kaltim

51
Makassar juara umum pada kejuaeraan renang piala Bupagti Kutai kartanegara Kaltim. Perenang Makassar Andi Eko Saputra memborong lima medali emas.(DOK)

INDONESIANUPDATE.ID | Perenang kota Makassar membuktikan diri bukan jago kandang. Tidak tanggung-tanggung, 67 medali mampu dibawa pulang. Rinciannya, 30 keping emas, 19 perak dan 18 perunggu. Raihan prestasi ini sekaligus menobatkan Makassar sebagai juara umum.

Kejuaraan renang Bupati Kutai Kartanegara berlangsung di Kolam Renang Pantai Putri Junjung Buyah Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), 27-29 Agustus. Kejuaraan ini diikuti 32 klub dari Kalimantan dan Sulawesi. Rincian nya,  Kaltim 23 club, Kalsel 3 Club, Sulsel 5 Club, Kaltara 1 Club. Kukar sendiri menurunkan 4 Club dengaan 42 Atlet. Sementara nomor yang dipertandingkan ada 162 dengan total 406 perenang.

Sekretaris Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Makassar, Muhammad Rasul Djafar mengatakan  mengirim 34 atlet di kejuaraan ini.

Hasilnya dari 30 medali emas, 12 dipersembahkan oleh dua atlet dari klub Paotere Swimming Club Makassar. Selain emas, juga ada 15 medali perak dan 15 perunggu dibawa pulang.

Dari 30 medali emas, tujuh diantaranya didulang Ananda Rintania dari nomor putri dan  1 perunggu. Lima emas lainnya oleh Andi Eko Saputra dari sektor putra. Keduanya merupakan atlet dari Klub Paotere Makassar yang mengutus 15 atletnya.

Andi Eko Saputra merupakan anggota TNI berpangkat Sersan dua (Serda). Sehari-hari  ia bertugas di Batalyon Arhanud 16 Kostrad. Lima medali emas yang diraih Eko masing-masing dari nomor gaya kupu-kupu 200 meter dengan waktu 02.30.06. Berikutnya gaya ganti 200 meter dengan waktu 02.31.74.

Sementara di gaya dada 100 meter eko mencatat waktu 01.16.23. Akan halnya di nomor gaya dada 100 meter catatan waktu Eko 01.04.57. Emas juga diraih Eko di gaya dada 200 meter dengan catatan waktu  02.57.41.

“Alhamdulillah tim renang Makassar keluar sebagai juara umum di kejuaraan renang Kutai Kertanegara ini,” kata Rasul Djafar.

Selain Paotere Swimming Club, ada dua klub renang lainnya yang Makassar mengirim atletnya, Anging Mammiri Swimming Club lima atlet. Mereka menyumbang dua medali perak dan lima perunggu. Selain itu juga ada Athirah Swimming Club yang meraih dua medali perak dan tiga perunggu. Athirah sendiri mengirim 12 atlet di kejuaraan ini.(risal)