Demi Ukraina Abramovich Lego Chelsea

49
ROMAN Abramovich.

INDONESIANupdate.id | ROMAN Abramovich membuat keputusan mengejutkan. Chelsea, klub sepakbola Premier League miliknya dilego.

Rencananya dari hasil penjualan Chelsea Abramovich akan mendonasikan Rp 43 triliun kepada para korban perang Rusia di Ukraina.

Keputusan ini menandakan akhir rezim kuatnya di kancah sepakbola Inggris selama 19 tahun. Pasalnya, ia telah mendapat tekanan politik dari Pemerintah Brittania Raya yang akan memberikan sanksi kepada seluruh aset milik miliarder Rusia  di tanahnya.

Dalam pernyataan resminya, Abramovich telah meminta manajemen Chelsea  untuk mendirikan badan amal. Dari lembaga tersebut, ia akan menyumbangkan semua hasil penjualan bersih untuk kepentingan korban perang di Ukraina.

“Yayasan ini akan menyediakan kebutuhan mendesak untuk para korban (Ukrania),  sekaligus mendukung proses pemulihan jangka panjang,” ujar Abramovich dikutip liputan6.com dari Forbes, Kamis 3 Maret 2022.

Menilik catatan sejarah, Abramovich mulanya membeli Chelsea yang tengah kesulitan keuangan seharga USD 190 juta pada 2003 atau 140 juta poundsterling.

Pasca penjualan, miliarder asal Rusia tersebut diklaim tak akan meminta pinjaman apapun untuk dilunasi. Termasuk pinjaman USD 2 miliar (Rp 28,78 triliun) yang diberikannya kepada klub selama masa kepemilikannya.

Abramovich pun menyatakan, tak akan mempercepat proses penjualan Chelsea dan bakal menghormati proses hukum.

Pengumuman itu menyusul upaya untuk melindungi kepemilikannya atas klub, dengan menyerahkan kendali tim kepada yayasan amal.

Namun, langkah tersebut rupanya tidak membuat anggota parlemen Inggris berhenti menyerukan pemberian sanksi kepada Abramovich.

Menurut laporan BBC, Roman Abramovich menghargai klub tersebut dengan nilai 3 miliar poundsterling (sekitar Rp57 triliun).

Abramovich membeli Chelsea pada 2003 senilai 140 juta poundsterling. Usai akuisisi tersebut, dia mengatakan bahwa langkah itu “tidak pernah tentang bisnis atau uang, tetapi tentang hasrat murni untuk sepak bola dan klub.”

Di bawah era Abramovic, The Blues memang meraih banyak kesuksesan dengan memenangkan berbagai trofi, termasuk Liga Inggris, Liga Champions, dan terbaru juara Piala Dunia Antarklub.(syah)