30 C
Makassar
Saturday, February 24, 2024
HomeKONI MAKASSARDemi Peningkatan Kualitas, AFP Sulsel Gelar Kursus Wasit Futsal Level 1 Nasional

Demi Peningkatan Kualitas, AFP Sulsel Gelar Kursus Wasit Futsal Level 1 Nasional

INDONESIANUPFDATE.ID | Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar Kursus Wasit Level 1 tingkat Nasional. Kursus demi meningkatkan kualitas bagi para pengadil ini dilaksanakan  di Hotel Town 8 Desember dan berakhir pada 13 Desember 2023.

Peserta kali ini cukup banyak. Ada 27 orang.  Mereka berasal dari Indonesia Timur. AFP Sulsel mengundang dua wasit berlisensi FIFA dari AFF. Keduanya Ikwan Budi Laksono dan Chaidir dari Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Ikwan Budi Laksono merupakan wasit futsal berpengalaman dan sangat senior di Indonesia. Wasit asal Malang, Jawa Timur ini futsal FIFA pertama yang dimiliki Indonesia. Ia meraih lisensi FIFA sejak 2010.

Iwan sudah memimpin berbagai laga internasional, baik di tingkat Asia Tenggara maupun AFC.  Selain Iwan ada juga wasit futsal berlisensi FIFA lainnya dimiiki AFF yakni Wahyu Wicaksono dan Windy Agustina Putra.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP ) Sulawesi selatan, Ahmad Susanto mengapresiasi para peserta yang dinilai punya semangat jiwa yang cukup luar biasa.
‘’Wasit adalah penegak aturan di garis terdepan dalam sebuah pertandingan. Berkualitas atau tidaknya pertandingan salah satu penentu adalah kualitas dan ketegasan wasit di lapangan,” tegas Ahmad Susanto saat sambutan penutupan, Rabu (13/12/2023)
Ahmad Susanto mengingatkan kepada para peserta untuk terus menambah ilmu, meningkatkan kemampuan dan mengetahui aturan-aturan futsal terbaru.
“Kami berharap dengan terselenggaranya kursus ini, semoga makin banyak wasit berkualitas yang berlisensi nasional yang dapat memimpin pertandingan di Liga 2. Bahkan Liga Pro dari Indonesia Timur, terkhusus dari Sulsel,” tegas Ahmad Susanto yang juga Ketua KONI Kota Makassar ini.(risal)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

BACA JUGA