Demi Memenuhi Target, KONI Makassar Gandeng UNM Tes Fisik Atlet

57
Atlet tinju Kota Makassar menjalani tes fisik di kampus FIK UNM dalam rangka persiapan menuju Porprov di Sinjai bulukumba.FOTO: RISAL)

INDONESIANUpdate.id | PENGURUS KONI Kota Makassar kembali melanjutkan tes fisik atlet yang diproyeksikan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII 2022 di Sinjai-Bulukumba. Tes hari kedua diikuti 279 atlet dari 19 cabor di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM), Minggu 22 Mei 2022.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama juga sudah dilakukan tes serupa diikuti 255 atlet yang tersebar di 13 cabang olahraga (cabor).

Ketua KONI Kota Makassar Ahmad Susanto mengatakan tes fisik ini sebagai salah satu bentuk keseriusan pengurus KONI dalam mempersiapkan atletnya berlaga pada pesta olahraga empat tahunan se-Sulsel. Termasuk menggandeng UNM dalam mempersiapkan atlet melalui tes fisik. Apalagi target Makassar tidak hanya sekadar juara umum.

‘’Selain juara umum, target lainnya memecahkan rekor di sejumlah nomor pertandingan. Bahkan kalau bisa ada rekor nasional tercipta di Porprov nanti. Atau minimal bisa menedekati rekor nasional. Itulah kenapa kami bekerja sama UNM, agar kami kualitas atlet bisa jauh lebih baik dibanding Porda sebelumnya,” jelas Ahmad Susanto.

Pada Porprov kali ini Makassar mengikuti 32 cabor dengan kekuatan 534 atlet. Jumlah ini meningkat lebih 200 atlet dibanding Porda Pinrang.  ”Ini belum termasuk jumlah pelatih, mekanik dan dan official,” ungkap Daeng Buang, sapaan karibya.

Target mengejar medali emas di Sinjai-Bulukumba juga makin besar. Ahmad Susanto menyebut minimal 156 medali emas. Jumlah tersebut sesuai perolehan medali pada Pra Porprov yang diikuti 32 cabor. Target tersebut jauh lebih banyak dibanding perolehan medali di Porda Pinrang 2018 lalu. Saat itu atlet Makassar membawa pulang 103 emas, 76 perak dan 67 perunggu.

Salah satu atlet menjalani medicine ball tes menggunakan bola. Tes ini merupakan bentuk latihan pliometrik untuk meningkatkan power dan kekuatan otot lengan, stabilitas, koordinasi tubuh, proprioseptif, dan plyometric..(FOTO: RISAL)