Bertahan 20 Tahun, Sprinter Putri Makassar Pecahkan Rekor Baru 200 M

30
Nurul Azizah Sulkarnaing pemecah rekor baru yang sempat bertahan 20 tahun di Porprov XVII Sulsel 2022 di Ka bupaten Sinjai-Bulukumba.(DOK)

PORPROV XVII SULSEL 2022, CABOR ATLETIK 

INDONESIANUPDATE.ID | Pelari putri Makassar, Nurul Azizah Sulkarnaing memecahkan rekor di nomor 200 meter yang sempat bertahan 20 tahun. Rekor itu tercipta di lintasan lari pada Selasa (25/10/2022).

Nurul Azizah mencatatkan waktu  gtercepat 26,40 detik pada Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Sulsel XVII 2022. Rekor sebelumnya dipegang oleh Rosmiati. Ia sprinter asal Kabupaten Barru.

Rekor Rosmiati terjadi pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2002 di Kota Palopo. Catatan waktu nya,  26,66 detik. Sejak saat itu tak satupun sprinter (pelari cepat) di Sulawesi Selatan (Sulsel) mampu memecahkan rekor tersebut.

Keberhasilan Nurul Azizah  memecahkan rekor ini tak lepas dari dukungan kedua orang tuanya Sulkarnaing dan Rabayya yang memang mantan atlet lari. Juga berkat suport dan dukungan  Ketua KONI Kota Makassar Ahmad Susanto DB yang memang dikenal begitu dekat dengan pengurus dan para atlet.

‘’Ini yang memang kami inginkan. Makassar tidak hanya sekadar juara umum tetapi harus dibarengi dengan pemecahan rekor di sejumlah nomor pertandingan,’’ kata Ahmad Susanto.

Sementara itu ditemui seusai lomba, Rabayya mengaku prestasi yang ditorehkan sang buah hati merupakan hasil dari latihan dan kerja keras putrinya selama ini.

“Nurul turun di empat nomor perlombaan. Selain 200 m, juga ada 100 m, estafet 4×100, dan estafet 4×400 putri. Alhamdulillah satu nomor sudah diselesaikan dengan baik dan menghasilkan rekor baru,” ujar Rabayya, bangga.

Sementara itu, Rosmiati yang merupakan pemegang rekor sebelumnya menuturkan, apa yang ditorehkan Nurul adalah hasil yang luar biasa.

Rosmiati menyebut Nurul merupakan atlet potensial yang dimiliki Kota Makassar  yang diharap bisa membawa harum provinsi Sulsel di ajang bergengsi ke depannya. (ca)