Batal di Pettarani, ‘Balap Liar’ Resmi Dipindahkan ke Boulevard

70
Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto menyerahkan jacket KONI kepada Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto.(IST)

INDONESIANupdate.id | PEMERINTAH Kota (Pemkot) Makassar terpaksa memindahkan lokasi ‘balap motor liar’ resmi bertajuk Makassar Lantang Bangia Street Race (LBSR) 2022 ke Jalan Boulevard. Pelaksananya direncanakan Sabtu malam, 23 April 2022.

Sebelumnya Jalan AP Pettarani dipilih sebagai venue lomba. Lokasi arena balap terpaksa dipindahkan karena pihak kepolisian tidak mengizinkan di ruas jalan AP Pettarani.

“Ada beberapa pertimbangan. Salah satunya, karena Jalan Pettarani salah satu jalan nasional. Jalan ini selalu dipadati arus lalulintas, siang maupun malam,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Pattiware, Rabu malam, 20 April 2022 di salah satu cafe di bilangan Jalan Ujungpandang.

Jika dipaksakan, potensi adanya hambatan dikhawatirkan akan terjadi. Itulah kenapa Andi Pattiware bersama Ketua Komite Nasional Olahraga Nasional (KONI) Makassar, Ahmad Sudanto  dan pengurus IMI Sulsel, memindahkan arena balap motor itu ke Jalan Boulevard.

‘’Selain ruas jalan tersebut menjadi kewenangan Pemkot Makassar,  juga karena sudah ada izin dari pihak kepolisian,” timpal Ahmad Susanto.

Apalagi, lanjut Daeng Buang, sapaan tokoh olahraga berdarah Takalar ini Polrestabes Makassar sangat mendukung ajang LBSR 2022 ini sebagai upaya pemberantasan dan penanganan balap liar ke arah yang lebih terarah.

‘’Even Lantang Bangngia Street Race 2022 yang digagas Pemerintah kota Makasar bersama KONI Makassar ini mendapat dukungan penuh dari Kapolrestabes,” kata Ahmad.

Dukungan itu disampaikan Kapolrestabes Kombes Budi Haryanto saat menerima rombongan panitia yang dipimpin Ketua KONI Kota Makassar, Rabu malam, 20 April 2022.

Sebagai bentuk dukungannya Kombes Budi bahkan siap memimpin deklarasi Anti Balap Liar yang akan diselenggarakan di pelataran Tribun Karebosi, Jumat sore, 22 April 2022, besok.

‘’Besok Kapolres akan hadir dan memimpin langsung deklarasi Anti Balap Liar. Sejumlah pejabat Korfompimda juga akan hadir. Termasuk Bapak Walikota Makassar,” katanya.(risal)