Arsenal Keok di Kandang Sendiri, Kalah 1-2 Dari Brighton

47

INDONESIANupdate.id | Arsenal kalah lagi dalam lanjutan Premier League 2021/2022. Menjamu Brighton & Hove Albion, The Gunners tumbang 1-2.

Arsenal yang bertindak sebagai tuan rumah tertinggal dua gol duluan lewat gol-gol Leandro Trossard dan Ennock Mwepu. Martin Odegaard membuat gol hiburan di menit ke-88.

Dua kekalahan beruntun dari Crystal Palace dan Brighton membuat Arsenal tertahan di posisi kelima dengan 54 poin dari 30 laga. Mereka berpotensi ditinggal Tottenham Hotspur di posisi keempat, yang bertanding di markas Aston Villa beberapa saat lagi.

Pada laga di Emirates Stadium, Sabtu, 9 April 2022) malam WIB, Arsenal coba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Tapi, lini depan kesulitan untuk membongkar pertahanan Brighton.

Peluang terbaik Arsenal baru didapat di menit ke-26 saat Bukayo Saka mengirim bola crossing dari situasi sepakan bebas dan mengarah ke tiang jauh. Ada Gabriel yang coba menyundul tapi masih menyamping.

Brighton yang lebih banyak bertahan malah memimpin di menit ke-28. Bola umpan panjang dari lini belakang mencapai Enock Mwepu yang lolos dari jebakan offside di sisi kanan.

Mwepu kemudian menusuk dan memberikan umpan tarik ke kotak penalti. Leandro Trossard yang muncul dari belakang dengan mudah menyepak ke pojok atas gawang Aaron Ramsdale.

Arsenal kemudian berupaya untuk menyamakan skor dan menekan habis pertahanan Brighton. Tapi, mereka malah nyaris kebobolan lagi di menit ke-44 dari kemelut di depan gawang, namun tendangan Mwepu masih melebar.

Arsenal sempat menyamakan skor 1-1 di masa injury time lewat tandukan Gabriel Martinelli meneruskan umpan sundulan Gabriel. Gol tersebut lantas dianulir karena Martinelli sudah terjebak offside duluan.

Masuk di babak kedua, Arsenal langsung menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Tapi, mereka masih saja kesulitan untuk menciptakan peluang bersih di kotak penalti Brighton.

Arsenal malah kebobolan lagi di menit ke-66 setelah Brighton membangun serangan dari sisi kiri. Moises Caicedo melakukan umpan 1-2 sebelum mengirimkan umpan silang yang disambut sepakan voli Mwepu ke pojok kanan gawang Ramsdale.

Arsenal terus menekan di sisa waktu untuk membuat gol. Sanchez lagi-lagi harus berjibaku menjaga gawangnya setelah menepis bola tandukan Eddie Nketiah di masa injury time. Brighton akhirnya menang 2-1 di akhir laga.(yordan)

Susunan pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Cedric Soares, Ben White, Gabriel, Granit Xhaka; Martin Odegaard, Albert Sambi Lokonga, Emile Smith Rowe (Edward Nketiah 62′); Bukayo Saka, Alexandre Lacazette, Gabriel Martinelli (Nicolas Pepe 74′).

Brighton: Robert Sanchez; Joel Veltman, Lewis Dunk, Marc Cucurella; Enock Mwepu (Tariq Lamptey 77′), Pascal Gross, Moises Caicedo, Yves Bissouma (Adam Lallana 74′), Alexis Mac Allister; Leandro Trossard, Danny Welbeck.