Arab Saudi Terima Jemaah Haji dari Luar Negeri di Tahun Ini, Kemenag: Indonesia Sudah Siap

72
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi (foto/ig: @Mekah_madinah)

INDONESIANupdate.id – Pemerintah Arab Saudi memastikan akan menerima jemaah haji dari luar negeri untuk tahun ini. Adanya penurunan kasus Covid-19 menjadi alasan penerimaan jemaah haji telah bisa dibuka. 

Apalagi saat ini jemaah umrah dari berbagai negara juga ramai berdatangan di Arab Saudi dan semua berjalan lancar. Termasuk jemaah umroh asal Indonesia. 

“Saya kemarin bertemu Menteri haji dan Umrah Saudi. Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi,” Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas Tawfiq F Al-Rabiah melalui keterangan tertulisnya, Senin (21/3/2022). 

Dengan begitu, mengaku mengaku melakukan persiapan untuk jemaah haji Indonesia. Bahkan, hadiah untuk memberangkatkan jemaah haji dari tanah air untuk tahun ini.

Hanya saja, ia belum memastikan berapa jumlah kuota jemaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan. Namun, dia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal dengan banyaknya jemaah yang menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

“Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal,” jelasnya. (Ben)