Andi Ifal Anwar Akan Dilantik Oleh Presiden Pimpin DSI Sulsel

15

INDONESIANUPDATE.ID | Andi Ifal Anwar, akan dilantik menjadi Ketua Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Sulawesi Selatan (Sulsel) sekaligus Direktur Kantor DSI. Pengacara muda bergelar SH, MH, CPLC, CPCLE, CPT, CPrM, CML, CMCLS, CVM, CPM, CPA akan dilantik langsung oleh Presiden Pengurus Pusat DSI, Sabela Gayo,  Rabu pagi (25/1/2023).

Andi Ifal akan dilantik bersama 11 koleganya yang masuk dalam struktur organisasi mediator non hakim yang bersertifikat dari Mahkamah Agung (MA) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

DSI adalah sebuah lembaga baru. Didirikan pada 2021. Lembaga ini menghimpun para Mediator Arbiter, Konsiliator dan Ajudikator profesioanal yang bersertifikasi resmi dan diakui pemerintah.

Lembaga ini menawarkan jasa layanan alternativ penyelesain sengketa, baik menggunakan instrument kelembagaan Dewan Sengketa maupun penyelesaian sengketa dengan menggunakan kompetensi atau keahlian individu. Mereka adalah para Mediator, Ajudikator, Konsiliator dan Arbiter profesional dan terdaftar di Dewan Sengketa Indonesia (DSI).

Mediator profesional di Indonesia, jumlahnya belum banyak. Menurut Presiden Pengurus Pusat DSI, Sabelo Gayo, SH, MH, PH.D,CPL, CPCLE, CPM, CPRM, ACIARB, baru sekitar 1.200-an orang.

‘’Jumlahnya belum banyak. Masih sekitar 1.200-an orang. Kantor perwakilan DSI di Indonesia juga baru 10. Termasuk di Sulsel,” jelas Sabelo Gayo saat ditemui di Cafe Ombak, Selasa malam (24/1/2023).

Di Sulsel Andi Ifal dipercaya menjadi Ketua. Lawyer kelahiran 16 Juni 1992 ini juga dipercaya sebagai Direktur kantor DSI Sulsel.  Bagi Andi Ifal, jabatan yang diembannya ini adalah sebuah amanah.

‘’Ini amanah dan kepercayaan yang wajib saya laksanakan dengan baik,’’ kata suami dari Ricca Aditya Triwardhani, SH, MH, ini.

Andi Ifal bukan hanya dikenal sebagai lawyer. Ia juga dikenal sebagai aktivis dan tokoh pemuda yang aktif di berbagai organisasi masyarakat. Salah satunya pengurus teras  di Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Sulsel.