Airlangga Bentuk Koalisi ‘Bertiga Bersatu’

59
Tiga Ketua Umum Parpol, Partai Golkar, PPP dan PAN bertemu membahas persoalan strategis.(IST)

INDONESIANUpdate.id | KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto  mengatakan pihaknya kompak membentuk koalisi dengan PPP dan PAN. Keputusan ini diambil setelah pimpinan ketiga partai saling bertemu di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat Kamis malam, 12 Mei 2022.

“Namanya Bertiga  Bersatu. Bersatunya itu adalah beringin, matahari, dan ka’bah. Jadi kerja sama tiga partai ini mulai dari nasional, provinsi, kabupaten/kota. Kami mulai menyamakan program,” ujar Airlangga dikutip Tempo.co.

Mengenai tujuan koalisi ini, Airlangga menjelaskan untuk mengawal keberhasilan program pembangunan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sampai 2024. Airlangga tak membenarkan koalisi tersebut sebagai strategi pemenangan partainya di Pemilu 2024.

“Hal yang sama kami siapkan untuk menjaga proses Pemilu yang sudah disiapkan,” kata Airlangga.

Sementara itu Ketua Umum PAN  Zulkifli Hasan yang turut hadir dalam pertemuan itu, mengatakan pihaknya bakal mulai memainkan politik gagasan. Nantinya koalisi ini bakal terus mengawal gagasan baik dari kepemimpinan Jokowi.  “(Koalisi) nyaman untuk Indonesia. Insya Allah (koalisi sampai 2024),” kata Zulkifli.

Pertemuan para politikus itu diinisiasi oleh Airlangga. Dalam undangan yang tersebar, Airlangga mengundang Ketua Umum  PPP dan PAN dalam rangka silaturahmi.

Airlangga sebelumnya juga telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Kemudian dia bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Menko Perekonomian di Kabinet Jokowi itu digadang-gadang Partai Golkar untuk jadi calon presiden pada 2024.(risal)

AHY (Demokrat) dan Airangga Hatarto (Golkar)