Abraham Atlet Tinju Makassar Peraih Emas Kelas 63,5 Kg : Latihan Keras dan Berserah Diri pada Tuhan

38
Abraham Masihor dan reporter Indonesianupdate.id.(IST)

INDONESIANUPDATE.ID| Pekan olahraga Provinsi (PORPROV) XVII Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022 yang telah berlangsung di dua kabupaten, Sinjai dan Bulukumba, telah usai. Closing ceremony dilangsungkan di stadion Bulukumba, Minggu (30/10/2022). Sebelumnya opening ceremony dilaksanakan di Stadion H.A Bintang, Kabupaten Sinjai, 22 Oktober 2022.

Tinju Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Venuenya mengambil tempat di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu. Kontingen Makassar keluar sebagai juara. Ada 10 medali emas dan tambahan 1 perak diraih di atas ring. Abraham adalah salah satu atlit yang meraih medali emas dalam pesta multi event empat tahunan di Sulsel. Ia bermain di kelas 63,5 kg.

Tiga kali Abraham harus naik ring untk bisa mendapatkan medali emas. Pada babak penyisihan, putra ketiga mantan petinju nasional peraih medali emas SEA Games 1998, Dufri Masihor ini menyudahi pertarungan hanya satu ronde. Itu setelah ia memukul jatuh lawannya, Abd Fais, wakil Luwu Timur.   Abraham dinyatakan menang RSC di ronde pertama di match ke-14.

Lawan selanjutnya M. Jalil, petinju asal Kabupaten Maros. Ia bertemu di babak semifinal pada match ke-44 Babam, panggilan kecilnya menyudahi pertarungan 3 ronde. Hasilnya lima hakim memberikan angka mutlak 5-0 buat petinju bertubuh gempal ini.

Abraham melaju ke partai final. Di partai puncak ia bertemu sahabatnya, Jurdin yang mewakili Kabupaten Gowa. Lagi-lagi Abraham yang bermain  di partai ke 75 kembali menjadi bintang. Ia dinyatakan menang angka di tiga ronde yang dimainkan.

“Semua lawan di atas ring patut diwaspadai. Karena sebagai atlet kami sama-sama melakukan persiapan. Tentu dengan pola yang berbeda. Sebelum naik ring pelatih juga memberi target, wajib  menang. Karena itu prinsip saya, di atas ring semua lawan adalah musuh, meski dia sahabat karib. Di luar ring baru kita kembali bersahabat,” kata Babam.

Kepada Indonesianupdate.id, Abraham menjelaskan persiapan dia menghadapi Porprov di Sinjai demi meraih medali emas.

“Persiapannya tentu konsisten latihan keras sesuai pola dan program latihan yang telah diberikan oleh pelatih. Selain jadwal rutin saya juga lakukan tambahan latihan secara mandiri di luar jadwal latihan. Setelah itu
juga minta penyertaan Tuhan supaya diberi kemenangan dalam pertandingan,” imbuhnya.

Porprov XVII Sulsel berlangsung 22-30 Oktober 2022 di Sinjai-Bulukumba. Makassar keluar sebagai juara umum dalam ajang ini dengan meraih medali total 177 emas, 80 perak, 100 perunggu.(calu/risal)