35 Orang Tewas Akibat Serangan Rudal Rusia di Ukraina

59
Sebuah serangan rudal Rusia terhadap fasilitas militer besar Ukraina di dekat perbatasan dengan anggota NATO Polandia pada hari Minggu menewaskan 35 orang dan melukai 134 kata seorang pejabat Ukraina..(REUTERS)

INDONESIANupdate.id | SEBUAH serangan rudal Rusia terhadap fasilitas militer besar Ukraina di dekat perbatasan dengan anggota NATO Polandia terjadi pada hari Minggu, 13 Maret 2022. Serangan ini menewaskan 35 orang dan melukai 134 warga.

‘’Peristiwa ini menewaskan 35 orang dan melukai 134 orang lainnya,” kata Maksym Kozytskyy, seorang pejabat Ukraina. Insiden itu, hanya 15 mil (25 km) dari perbatasan Polandia, menandai “eskalasi signifikan” dari konflik tersebut.

Gubernur regional Maksym Kozytskyy mengatakan pesawat Rusia menembakkan sekitar 30 roket ke fasilitas itu.  Sedikitnya 35 orang tewas dan 134 terluka, katanya.

Fasilitas seluas 360 km persegi (140 mil persegi) adalah salah satu yang terbesar dan terbesar di Ukraina di bagian barat negara itu. Sedikitnya 19  ambulans hilir mudik di sekitar lokasi.

“Rusia telah menyerang Pusat Internasional untuk Penjaga Perdamaian & Keamanan di dekat Lviv. Instruktur asing bekerja di sini. Informasi tentang para korban sedang diklarifikasi,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam sebuah posting online sepetti dikutip Reuters, Minggu 13 maret 2022.

Pada minggu-minggu sebelum Rusia menginvasi pada 24 Februari, militer Ukraina berlatih di sana, tetapi menurut media Ukraina, semua instruktur asing meninggalkan tempat pelatihan pada pertengahan Februari, sambil meninggalkan semua peralatan.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang diluncurkan oleh Putin pada 24 Februari, telah menyebabkan lebih dari 2,5 juta orang melarikan diri melintasi perbatasan dan menjebak ribuan orang di kota-kota yang terkepung.(syah)