150 Starter Akan Adu Cepat di Lintasan 402 Meter

55
Ketua panitia pelaksana LBSR 2022 Chandra S Djania/(DOK PRIBADI)
Boulevard Lantang Bangia Street Race (LBSR) 2022

INDONESIANupdate.id | BENDERA star balap motor bertajuk ‘Lantang Bangia Street Race (LBSR) 2022’, segera dikibarkan. Sekitar 150 pembalap akan adu cepat di atas lintasan sepanjang 402 meter di Jl. Boulevard, Panakkukang. Jalan ini dipilih jadi venue lomba, Sabtu malam, 23 April 2022.

Kalau selama ini ‘pembalap jalanan’ menyalurkan hobinya di ruas jalan secara ilegal saat penghujung malam, ini kesempatan mengejar prestasi di atas arena resmi. Para penunggang kuda besi ini tak perlu lagi kucing-kucingan dengan aparata kepolisian.

Lintasan  sudah disiapkan.  Panitia penyelenggara dari Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) KONI dan Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kota Makassar, sudah melakukan persiapan yang sangat matang

‘’Kami sudah memilih trek yang aman bagi pembalap saat lomba. Semua sesuai standar. Itu yang sangat penting,” jelas ketua panitia pelaksana LBSR 2022 Chandra S Djania, Kamis malam, 21 April 2022.

Di Pengprov IMI Sulsel, Chandra menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Mobility. Sosok pria berusia 60 tahun ini salah satu penggiat otomotif paling senior di Sulsel. Ia berpengalaman puluhan tahun menyelenggarakan berbagai kejuaraan otomotif. Mulai  roda dua hingga empat. Tidak hanya berskala lokal dan nasional. Ia juga sering terlibat dipenyelenggaraan internasional. Chandra banyak melahirkan atlet balap sejak era 80-an.

Khusus di ajang Makassar LBSR 2022 ini safety pembalap, beber Chandra,  meliputi  wajib menggunakan helm full face, memakai sarung tangan, dan memakai jaket berkulit tebal.

‘’Selain itu  perlengkapan yang wajib digunakan oleh pembalap yakni wearpack balap. Atau minimal celana jeans tebal,” tegas Chandra.

Tidak hanya itu. Panjang lintasan juga diatur. Total hanya 402 meter. Tapi  hanya setengah dari jalur atau 201 meter saja yang jadi race. Selebihnya,m 201 meter masuk area pengereman.

”Jarak ini tidak sembarangan. Sebab sudah jadi ketentuan. Panjang lintasan 402 meter, 201 meter untuk race dan 201 meter area pengereman,” jelas Chandra.